Perkembangan Kurikulum Pendidikan Multikultural Di Sekolah Menengah Atas Islam (SMA IT) Nur Hidayah Sukoharjo

Hadi, Anis Tanwir (2023) Perkembangan Kurikulum Pendidikan Multikultural Di Sekolah Menengah Atas Islam (SMA IT) Nur Hidayah Sukoharjo. Disertasi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Ringkasan Disertasi)
RINGKASAN DISERTASI ANIS TANWIR.pdf

Download (821kB)

Abstract

Penelitian ini membahas perkembangan kurikulum pendidikan multikultural di SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo. Jawa Tengah. Subjek penelitian ini adalah bidang pendidikan yayasan Nur Hidayah Sukoharjo, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik, dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) perencanaan kurikulum pendidikan multikultural SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo dan nilai-nilai multikultural yang terkandung di dalamnya, (b) perkembangan kurikulum pendidikan multikultural SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo, (c) implementasi kurikulum pendidikan multikultural SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo dan nilai-nilai multikultural yang terkandung di dalamnya, dan (d) evaluasi kurikulum pendidikan multikultural SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo dan nilai-nilai multikultural yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk menambah pengetahuan tentang kurikulum pendidikan multikultural, baik dalam aspek perencanaan, perkembangan, impelementasi, maupun evaluasinya dalam sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisa secara kualitatif berdasarkan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) dari aspek penyusunan rencana kegiatan dan anggaran sekolah serta perencanaan kurikulum ditemukan bahwa kegiatan perencanaan kurikulum di SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo memuat nilai-nilai multikultural dan nilai-nilai yang kontradiktif terhadap nilai-nilai multikultural atau antimultikultural, 2) dari aspek perkembangan, terdapat tiga tahap atau periodesasai perkembangan pendidikan multikultural di SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo, 3) dari aspek implementasi kurikulum SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo, terdapat nilai-nilai multikultural dan nilai-nilai antimultikultural, 4) dari aspek kegiatan evaluasi kurikulum pendidikan multikultural SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo bila dilihat dari perspektif multikultural, memuat nilai-nilai multikultural, dan juga memuat nilai-nilai antimultikultural. Implementasi pendidikan multikultural di SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo menjadi alternatif model pendidikan, karena memiliki kelebihan yaitu memberikan layanan pendidikan yang maksimal kepada semua peserta didik meskipun terdapat keberagaman. dan memiliki arti yang sangat penting dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi, kesetaraan, keadilan, kemanusiaan, kebersamaan, kedamaian, sikap mengakui, menerima, dan menghargai keragaman budaya.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, pendidikan multikultural
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > S3 Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:58
Last Modified: 13 Jun 2023 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/113335

Actions (login required)

View Item View Item