PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIIE SMP Negeri 1 Banyudono)

Marlinda, Iin (2008) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIIE SMP Negeri 1 Banyudono). Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040080.pdf

Download (171kB)
[img] PDF
A410040080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1)mengetahui apakah proses pembelajaran matematika melalui pembelajaran terpadu dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika sub pokok bahasan operasi pecahan dalam bentuk aljabar, 2) meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan ; (1) melalui pembelajaran terpadu dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika yang meliputi : (a) keaktifan siswa dalam bertanya kondisi awal sebanyak 5 siswa (12,5%) dan kondisi akhir sebanyak 27 siswa (67,5%), (b) keaktifan siswa memberikan ide atau pendapat kondisi awal sebanyak 7 siswa (17,5%) dan kondisi akhir sebanyak 26 siswa (65%), (c) kemauan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas kondisi awal sebanyak 4 siswa (10%) dan kondisi akhir sebanyak 29 siswa (72,5%), (d) dan siswa dalam membuat kesimpulan setiap akhir pelajaran kondisi awal sebanyak 4 siswa (10%) dan kondisi akhir sebanyak 26 siswa (65%). (2) Peran aktif siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditujukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu kondisi awal sebesar 25% dan kondisi akhir sebesar 72,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Pembelajaran terpadu, Pecahan aljabar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2009 03:46
Last Modified: 31 Jan 2011 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item