ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (Studi Empiris di Surakarta)

RAHAYU , IKA (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (Studi Empiris di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)

Abstract

Keberadaan bank syariah yang semakin ketat persaingannya dewasa ini, salah satu disebabkan adanya fatwa dari Majelis Ulama Indonesiaa (MUI) yang mengkaitkan bahwa bunga bank adalah riba. Masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim menjadikan bank-bank konvensional ikut serta memperluas kegiatan usaha dengan membuka cabang bank syariah untuk memenuhi selera konsumen. Tujuan penelitian untuk mencari bukti empiris pengaruh faktor macam dan jenis produk, pembagian hasil dan perkembangan usaha di Bank Syariah yang menjadi pertimbangan keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah ketiga bank syariah yang diteliti, yaitu BNI Syariah, Bank Muamalat dan Bank Syariah Mandiri. Sampel yang diambil sejumlah 60 nasabah, masing-masing 20 nasabah untuk bank syariah tersebut. Teknik penentuan sampelnya dengan metode purposive sampling. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik terhadap data yang diperoleh, antara lain uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, autokorelasi dan heteroskesdastisitas. Dari pengujian tersebut disimpulkan bahwa semua data layak digunakan untuk proses analisis data hasil penelitian. Analisis data berupa analisis yang bersifat kuantitatif, dengan analisis statistik Uji regresi dan korelasi berganda yaitu untuk menguji adanya pengaruh dan kuat/tidaknya hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah (X) terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah (Y). Berdasar hasil analisis data yang telah dilakukan, uji regresi berganda didapat hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah, keputusan nasabah dalam memilih bank syariah rata-rata akan meningkatkan jumlah nasabah di bank tersebut pada BNI Syariah sebanyak 0,439 (prosentase jumlah nasabah), Bank Muamalat = 0,607, serta Bank Syariah Mandiri diperoleh sejumlah 0,164. Sementara pengujian korelasi berganda, yang dihitung berdasar hasil kuesioner yang telah disebarkan diperoleh rhitung = 0,406 untuk nasabah BNI Syariah dan bagi nasabah Bank Muamalat (X2) sebesar 0,433. Dari keduanya memiliki hubungan yang kuat dan signifikan karena rhitung > rtabel dengan taraf signifikansi 5% untuk N = 20. Sedangkan bagi nasabah Bank Syariah Mandiri (X3) sebesar 0,298, dimana berarti bahwa ada keterkaitan antara faktor macam dan jenis produk, pembagian hasil dan perkembangan usaha di Bank Syariah terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah. Dari hipotesis yang penulis ajukan “Ada pengaruh antara faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah” dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 03:24
Last Modified: 08 Apr 2011 12:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11317

Actions (login required)

View Item View Item