MANFAAT RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufactur di Bursa Efek Jakarta)

FAJRI , NURUL (2007) MANFAAT RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufactur di Bursa Efek Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)

Abstract

Informasi laba merupakan salah satu informasi penting yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan, sehingga selalu menjadi perhatian pemegang saham dan calon investor yang ingin berinvestasi. Prediksi laba masa depan juga merupakan informasi penting karena posisi keuangan perusahan dan kinerja perusahaan dapat membantu investor dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rasio-rasio keuangan yang didasarkan pada data laporan keuangan merupakan informasi yang dapat digunakan untuk memprediksi laba di masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian empiris yang menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Jakarta pada periode tahun 2003-2005. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. Sampel yang digunakan adalah 35 perusahaan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Rasio keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan current ratio (CR), total debt to equity (TDE), leverage (LEV), gross profit margin (GPM), operating profit margin (OPM), net profit margin (NPM), inventory turnover (IT), total assets turnover (TAT), return on investment (ROI) dan return on equity (ROE). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji t, dan pengujian koefisien determinasi yang disertai dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Rasio keuangan yang berupa current ratio, total debt to equity, leverage, gross profit margin, operating profit margin, net profit margin, inventory turnover, total assets turnover, return on investment dan return on equity secara bersama-sama berpengaruh terhadap perubahan laba dan H 1 diterima. Nilai F hitung > Ftabel (3,593 > 2,25) diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya rasio keuangan dapat digunakan untuk memprediksi perubahan laba masa depan. (2) Secara individu leverage dan net profit margin berpengaruh terhadap laba masa depan, sedangkan variabel current ratio, total debt to equity, gross profit margin, operating profit margin, inventory turnover, total assets turnover, return on investment dan return on equity tidak berpengaruh terhadap laba masa depan. Hal ini menunjukkan bahwa leverage dan net profit margin dapat digunakan untuk memprediksi laba masa depan. Sedangkan variabel lainnya tidak dapat digunakan untuk memprediksi laba masa depan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rasio keuangan, CR, TDE, LEV, GPM, OPM, NPM, IT, TAT, ROI, ROE, laba masa depan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2011 03:53
Last Modified: 07 Apr 2011 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11297

Actions (login required)

View Item View Item