PENGARUH COMPUTER ANXIETY DAN PENGALAMAN TERHADAP KEAHLIAN KARYAWAN DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER ( Survey Pada Karyawan Universitas Swasta Di Surakarta )

SAPUTRO , YULIANTO BAGUS (2007) PENGARUH COMPUTER ANXIETY DAN PENGALAMAN TERHADAP KEAHLIAN KARYAWAN DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER ( Survey Pada Karyawan Universitas Swasta Di Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
a)_cover_+_awalan.pdf

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Masalah yang hendak dicari dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada pengaruh yang signifikan antara computer anxiety dan pengalaman terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer secara bersama, (2) apakah ada pengaruh yang signifikan antara computer anxiety dan pengalaman terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer secara parsial. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis seba gai berikut: terdapat pengaruh yang signifikan antara computer anxiety dan pengalaman terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer secara parsial (hipotesis 1 dan 2), terdapat pengaruh yang signifikan antara computer anxiety dan pengalaman terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer secara bersama (hipotesis 3). Sejalan dengan masalah dan hipotesis tersebut maka penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Populasi penelitian ini adalah beberapa karyawan Universitas Swasta Surakarta dan sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Instrumen penelitian diuji validitasnya dengan korelasi product moment, sedangkan reliabilitasnya diuji dengan cronbach alpha. Hasil yang diperoleh dari analisis data terhadap 80 responden adalah bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara computer anxiety dan pengalaman terhadap keahlian karyawan. Variabel computer anxiety mempunyai hubungan negatif yang signifikan terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer, sedangkan variabel pengalaman mempunyai hubungan positif yang signifikan terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran sebagai berikut: (1) untuk meningkatkan keahlian komputer seorang karyawan maka diharapkan untuk mengurangi tingkat ketakutan terhadap komputer, (2) mengingat faktor pengalaman mempunyai pengaruh yang besar terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer, hendaknya perusahaan lebih selektif dalam merekrut karyawan, dan (3) untuk penelitian berikutnya sebaiknya menambah jumlah sampel, memperluas karakteristik sampel, serta menambahkan variabel lain. Selain itu teknik pengumpulan data pada penelitian mendatang dilakukan melalui wawancara.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: computer anxiety, pengalaman, keahlian menggunakan komputer.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2011 03:30
Last Modified: 07 Apr 2011 03:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11294

Actions (login required)

View Item View Item