Febriana, Nur Sita (2008) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI QUANTUM TEACHING (PTK Pembelajaran Matematika Di SMP Muhammadiyah 3 Berwawasan Khusus Giriwoyo) Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040086.pdf Download (101kB) |
|
PDF
A410040086.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui Quantum Teaching. Subyek pelaksanaan tindakan adalah guru Matematika VII SMP Muhammadiyah 3 Berwawasan Khusus Giriwoyo yang berjumlah 38 siswa. Tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga putaran dengan metode pengumpulan data adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskripsi kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun peningkatannya adalah sebagai berikut: (1) perasaan senang siswa terhadap pembelajaran Matematika meningkat sebesar 31,58% sebelum tindakan menjadi 81,58% pada akhir tindakan; (2) perhatian siswa terhadap pembelajaran Matematika meningkat sebesar 36,84% sebelum tindakan menjadi 78,95% pada akhir tindakan, (3) kemauan siswa terhadap pembelajaran Matematika meningkat sebesar 18,42% sebelum tindakan menjadi 76,31% pada akhir tindakan; (4) konsentrasi siswa terhadap pembelajaran Matematika meningkat sebesar 26,31% sebelum tindakan menjadi 78,95% pada akhir tindakan; (5) kesadaran siswa terhadap pembelajaran Matematika meningkat sebesar 28,95% sebelum tindakan menjadi 76,31% pada akhir tindakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410-039 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, meningkatkan, Quantum-Teaching, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Apr 2009 02:55 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 07:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1129 |
Actions (login required)
View Item |