Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ipa Pokok Bahasan Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Untuk Sekolah Dasar

Suryaningtyas, Canggih and , Sutama, Prof (2023) Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ipa Pokok Bahasan Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Untuk Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI_7.pdf

Download (866kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (658kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu sarana media pembelajaran berbasis teknologi memberi kemudahan dalam proses belajar mengajar. Namun, saat ini dalam proses pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode dan media konvensional, yang dinilai menimbulkan kejenuhan saat belajar. Sehingga perlunya sebuah inovasi media pembelajaran berbasis teknologi, salah satunya augmented reality. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) Mengeksplorasi media pembelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda di SD Negeri Gonilan 02 Surakarta, (2) Mengembangkan aplikasi augmented reality berbasis android sebagai media pembelajaran, (3) Menguji kelayakan aplikasi augmented reality media pembelajaran sifat dan perubahan wujud benda. Media pembelajaran augmented reality ini dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini yaitu sebuah produk media pembelajaran augmented reality berupa aplikasi yang bisa diakses menggunakan smartphone android tanpa koneksi internet. Media pembelajaran yang dikembangkan ini memiliki fitur utama yaitu menerapkan teknologi augmented reality yang bisa menampilkan objek maya 3D secara realtime pada perangkat android. Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan dapat diketahui dari hasil uji validasi media yakni sebesar 92%, untuk uji validasi materi sebesar 96%. Kelayakan dari respon pengguna yang dihitung menggunakan SUS memperoleh nilai rata–rata 82,7, dan bersadarkan hasil pre–test dan post–test yang telah dilakukan siswa, dan telah dibandingkan antara hasil keduanya diperoleh kesimpulan bahwa adanya peningkatan pengetahuan siswa ketika menggunakan media augmented reality. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran sifat dan perubahan wujud benda berbasis augmented reality yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : android, augmented reality, learning media, science learning, changes in the shape of objects.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5601 Informatics Education
Q Science > Q Science (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: CANGGIH SURYANINGTYAS
Date Deposited: 22 May 2023 06:52
Last Modified: 22 May 2023 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/112896

Actions (login required)

View Item View Item