PENERAPAN SISTEM PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI (SPBK) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII DAN VIII DI SMP NEGERI 2 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2006/2007

Wibowo , Arief (2007) PENERAPAN SISTEM PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI (SPBK) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII DAN VIII DI SMP NEGERI 2 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
depan.pdf

Download (418kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (236kB)
[img] PDF (bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Other (Bab V)
5.log
Restricted to Repository staff only

Download (266B)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.PDF

Download (78kB)

Abstract

Evaluasi merupakan suatu proses, artinya dalam suatu pelaksanaan evaluasi mestinya terdiri dari berbagai macam tindakan yang harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sistem penilaian berbasis kompetensi oleh guru pada mata pelajaran biologi kelas VII dan VIII semester gasal SMP N 2 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2006/2007. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2006/2007, dengan populasi seluruh guru biologi di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo berjumlah 3 guru biologi (kelasVII, VIII dan IX). Sampel yang digunakan adalah 2 guru biologi kelas VII dan VIII dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sumber data yang dipergunakan adalah guru biologi kelas VII dan VIII. Teknik pengumpulan data penelitian adalah dengan mengumpulkan data sistem penilaian yang berupa alat penilaian atau jenis tagihan yang digunakan oleh guru ketika sedang berlangsung kegiatan belajar mengajar dengan cara observasi langsung di dalam kelas, kemudian dengan wawancara dan analisa dokumen. Analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis data sistem penilaian yang berupa alat evaluasi yang digunakan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa sistem penilaian yang digunakan di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2006/2007 pada mata pelajaran biologi kelas VII dan VIII sudah sesuai dengan sistem penilaian berbasis kompetensi namun dalam penerapannya masih kurang atau belum maksimal dan masih ada kendala-kendala yang dihadapi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sistem penilaian berbasis kompetensi, pembelajaran biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2011 08:57
Last Modified: 06 Apr 2011 08:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item