Widyarni, Ratih (2007) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
dpn.pdf Download (666kB) |
|
|
PDF (Bab I)
1.pdf Download (410kB) |
|
PDF (Bab II)
2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
3.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
PDF (Bab IV)
4.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
PDF (Bab V)
5.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Lampiran)
lamp.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menuntut adanya kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, misalnya dengan model pembelajaraan PBL (Problem Based Learning) dan TGT (Team Games Turnament). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran PBL dan TGT pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007, 2) Model pembelajaran yang lebih tinggi dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 1 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 kelas yaitu kelas XI IPA dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, kemudian dianalisis menggunakan uji T. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar Biologi dengan menggunakan model pembelajaran PBL: aspek kognitif (6,392), afektif (3,7), sedangkan hasil belajar biologi dengan model pembelajaran TGT yaitu: aspek kognitif (7,425), afektif (4,2). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar biologi antara model pembelajaran TGT dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007, yaitu model pembelajaran TGT menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran PBL, aspek kognitif (7,425 > 6,392), aspek afektif (4,2 > 3,7). Model pembelajaran TGT mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran PBL, model pembelajaran TGT, hasil belajar biologi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 06 Apr 2011 08:48 |
Last Modified: | 06 Apr 2011 08:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11259 |
Actions (login required)
View Item |