Dwi Anggraini, Viola and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2023) Metode Penanaman Nilai-Nilai Religiusitas Pada Siswa Muslim Di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Artikel Publikasi.pdf Download (673kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI .pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
Abstract
Abstrak Secara nyata dengan adanya pendidikan keagamaan diharapkan mampu untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia, namun yang terjadi sebaliknya. Hal tersebut dapat dilihat melalui banyaknya keluhan orang-orang yang berkecimpung dalam bidang agama dan sosial mengenai kenakalan remaja yang masih sering terjadi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja yaitu kurangnya pengamalan ajaran agama. Oleh sebab itu, berbagai metode yang digunakan guru untuk mengatasi kenakalan remaja tersebut, salah satunya yaitu dengan menanamkan nilai-nilai religiusitas pada siswa melalui proses pembelajaran dan memperbanyak kegiatan yang didalamnya mengandung nilai-nilai keagamaan. Namun, kenyataannya metode dalam pendidikan keagamaan hingga saat ini hanya menekankan kepada aspek kognitif saja, sehingga siswa hanya bisa menerima kebenaran dari informasi yang telah disampaikan. Adapun tujuan dari penelitin ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan metode penanaman nilai-nilai religiusitas kepada siswa Muslim di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali, 2) Untuk mendeskripsikan kendala dan solusi dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas kepada siswa Muslim di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data digunakan dengan triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis Miles & Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Metode penanaman nilai-nilai religiusitas pada siswa Muslim di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali yaitu dengan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode hukuman, metode kedisiplinan, dan metode nasihat. Adapun bentuk-bentuk nilai religiusitas yang ditanamkan guru kepada siswa melalui metode diatas yaitu nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilai akhlak dan disiplin, nilai keteladanan, nilai amanah dan ikhlas. 2) Kendala dalam menanamkan nilai- nilai religiusitas pada siswa yaitu kurangnya fasilitas Mushalla, kurangnya sumber daya manusia, faktor keluarga, pengaruh teknologi dan kurangnya kesadaran siswa. Oleh karena itu, solusinya dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, memaksimal sumber daya manusia yang ada dengan saling bekerja sama, mengadakan pertemuan antara guru dengan orang tua murid, adanya pengawasan dari guru mengenai gadget, adanya kerja sama dengan seluruh warga sekolah untuk mengajak siswa dalam shalat berjamaah. Kata kunci: Metode, Nilai-Nilai Religiusitas, Siswa Muslim.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Nilai-Nilai Religiusitas, Siswa Muslim |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | VIOLA DWI ANGGRAINI |
Date Deposited: | 17 May 2023 07:36 |
Last Modified: | 17 May 2023 07:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/112387 |
Actions (login required)
View Item |