Perancangan Desain Produk Smart And Advanced Bed Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Tidur Pengguna Pada Kompetisi Desain Produk Dan Ergonomi Internasional Chronics XIV

Adhitama, Ferdian and , Hafidh Munawir, S.T., M.Eng (2023) Perancangan Desain Produk Smart And Advanced Bed Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Tidur Pengguna Pada Kompetisi Desain Produk Dan Ergonomi Internasional Chronics XIV. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (692kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Semua produk yang dapat ditemukan di pasar saat ini merupakan suatu produk yang telah melewati berbagai macam proses perancangan desain produk. Penerapan aktivitas perancangan desain produk yang baik adalah mengoptimalkan koordinasi antara tren pasar, perkembangan teknologi, dan aspek produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Smart and Advanced Bed (SMADAV) merupakan salah satu produk smart bed revolusioner penunjang kesehatan yang dapat meningkatkan kualitas tidur penggunanya. Produk ini telah berpartisipasi pada kompetisi internasional Challenge on Product Design and Ergonomics (CHRONICS XIV) dengan meraih dua kategori kejuaraan, yaitu 2nd Runner Up dan The Most Favourite Product. Alur penelitian yang digunakan pada perancangan produk ini berfokus pada proses define, analysis, design, dan prototyping dengan pendekatan metode analisis kebutuhan pelanggan menggunakan model KANO yang dapat mengetahui tiga kriteria utama kebutuhan pelanggan yaitu, basic needs, performance needs, dan excitement needs. Luaran penelitian ini berupa rancangan produk berupa prototipe alfa dan laporan publikasi kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Desain Produk, CHRONICS XIV, Smart Bed, Model KANO
Subjects: H Social Sciences > HD Management, Business and Labor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: FERDIAN ADHITAMA
Date Deposited: 17 May 2023 04:07
Last Modified: 17 May 2023 04:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/112362

Actions (login required)

View Item View Item