PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL: KOMITMEN TUJUAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Rumah Sakit Umum Bertipe B di Eks Karesidenan Surakarta)

MARSUDI, NUGRAHENI (2007) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL: KOMITMEN TUJUAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Rumah Sakit Umum Bertipe B di Eks Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (B ab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMP0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran I)
LAMP1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran II)
LAMP2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran III)
LAMP3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran IV)
LAMP4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran V)
LAMP5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)

Abstract

Partisipasi penganggaran merupakan teknik manajemen untuk melibatkan bawahan dalam menyusun sekaligus melaksanakan secara penuh tanggung jawab atas anggaran yang telah disusun. Kinerja manajer tingkat bawah dinyatakan efektif jika tujuan anggaran tercapai dan partisipasi bawahan memegang peranan penting dalam pencapaian tujuan tersebut. Namun hubungan antara partisipasi anggaran dan kinerja manajer diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor atau variabel yang bersifat kondisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajer dengan komitmen tujuan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah sakit umum di Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 kepala bagian atau kepala divisi dari tiga RSU di eks-karesidenan Surakarta (RSU. Dr. Suradji Tirtonegoro, RSU. Dr. Moewardi, dan RSU. Wonogiri). Sampel diambil dengan teknik purposive sampling atau pengambilan sampel dengan pertimbangan atas kriteria tertentu. Teknik dianalisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajer dan H1 terdukung. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai t hitung > t tabel (3,577 > 2,086) pada taraf signifikansi 5%. (2) partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap komitmen tujuan dan H2 terdukung. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai nilai thitung > ttabel (4,167 > 2,086) pada taraf signifikansi 5%. (3) komitmen tujuan berpengaruh positif terhadap kinerja manajer dan H3 terdukung. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai nilai t hitung > t tabel (2,494 > 2,086) pada taraf signifikansi 5%. (4) partisipasi penyusunan anggaran melalui variabel komitmen tujuan sebagai variabel intervening berpengaruh positif terhadap kinerja manajer dan H4 terdukung. Hal ini terbukti dari hasil analisis jalur yang memperoleh nilai koefisien beta (0,216) diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). pengaruh tidak langsung partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajer dengan melalui komitmen tujuan (0,898) adalah lebih tinggi daripada pengaruh langsung partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajer (0,555).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, kinerja manajer, komitmen tujuan, intervening
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2011 05:02
Last Modified: 24 Oct 2018 01:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11234

Actions (login required)

View Item View Item