SUSANTO, SUSANTO (2007) ANALISIS PENGARUH USIA, PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER MATARAM SAKTI MOTOR SALATIGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf Download (204kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (69kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Lampiran)
7._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
Abstract
Dalam penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Usia, Pendidikan, Pendapatan Dan Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Yamaha Pada Mataram Sakti Motor Salatiga” bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor intern perilaku konsumen yang terdiri dari usia, pendidikan dan pendapatan dan faktor ekstern yaitu kelas sosial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha dan untuk menganalisis faktor manakah yang paling dominan berpengaruh antara variabel usia, pendidikan, pendapatan dan kelas sosial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket, sampel dipilih 100 responden dari populasi konsumen sepeda motor Yamaha di Salatiga. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendidikan, pendapatan dan kelas sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan oleh Hasil uji t yang menunjukkan bahwa dari keempat variabel (usia, pendidikan, pendapatan, dan kelas sosial) variabel yang mempunyai pengaruh kuat terhadap keputusan pembelian adalah pendidikan dengan probabilitas sebesar (0,020), pendapatan (0,001) dan kelas sosial (0,033) hal ini dikarenakan oleh ketiga faktor tersebut mempunyai nilai probabilitas dibawah 0,05. Adapun faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian adalah pendapatan. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai t hitung sebesar 3,639 lebih besar dari nilai t hitung variabel lain yaitu Usia sebesar (0,386), pendidikan sebesar (2,404) dan kelas sosial sebesar (2,201). Jadi hipotesis kedua yang menyatakan bahwa faktor yang paling mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian adalah pendapatan terbukti. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa secara bersama-sama keempat variabel yaitu usia, pendidikan, pendapatan dan kelas sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji F. Dimana hasil uji F menunjukkan bahwa besarnya probabilitas sebesar 0,000 dibawah level of significance 0,05. Sedangkan besarnya koefisien determinasi sebesar 50,5%, yang menunjukkan bahwa masih ada variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian selain variabel keempat variabel tersebut diatas yaitu usia, pendidikan, pendapatan dan kelas sosial.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | usia, pendidikan, pendapatan, kelas sosial dan keputusan pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 05 Apr 2011 09:37 |
Last Modified: | 05 Apr 2011 09:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11229 |
Actions (login required)
View Item |