PENGARUH PROMOSI DAN PERIKLANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT.NYONYA MENEER SEMARANG

ASTUTI , YANI (2007) PENGARUH PROMOSI DAN PERIKLANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT.NYONYA MENEER SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
hal_muka.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_IV_dan_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)

Abstract

Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting di dalam suatu usaha atau perusahaan, yang melatarbelakangi skripsi ini adalah untuk mengetahui kegiatan perusahaan dalam peningkatkan pemasaran yang dapat meningkatkan volume penjualan. Usaha di dalam pemasaran dengan melakukan promosi melalui periklanan dan promosi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah periklanan dan promosi penjualan akan dapat berpengaruh dan mempunyai hubungan yang erat terhadap volume penjualan. Adapun manfaat penelitian ini bagi perusahaan yang menjadi obyek penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan oleh pimpinan perusahaan dalam mengambil kebijaksanaan penentuan media promosi yang tepat guna meningkatkan volume penjualan dimasa yang akan datang. Sehubungan dengan hal tersebut, hipotesis yang diajukan bahwa penggunaan media promosi melalui periklanan dan promosi penjualan akan dapat berpengaruh dan mempunyai hubungan yang erat terhadap peningkatan volume, sedangkan media promosi yang paling dominan adalah periklanan. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisa regresi liniear berganda, uji t, analisa korelasi parsial dan analisa koefisien determinasi. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan bantuan program komputer spss diperoleh hasil dari analisa regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 1508,96 + 65,354X1 +2,326X2 + e, untuk menguji keberartian pengaruh tersebut digunakan uji t yang hasil periklanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai thitung untuk X1 6,047, sedangkan biaya promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadapvolume penjualan, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung X2 1,124. Sedangkan uji F secara bersama-sama kedua variabel yaitu biaya periklanan dan biaya promosi terbukti berpengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai Fhitung 20,02 > Ftabel 2,374. Dari hasil korelasi parsial diperoleh nilai X1 sebesar 0,632 dan X2 sebesar 0,189 sehingga dapat disimpulkan antara biaya periklanan (X1) dengan volume penjualan (Y) mempunyai hubungan yang cukup kuat, sedangkan biaya promosi (X2) tidak mempunyai hubungan yang kuat dengan volume penjualan (Y) karena sig. > 0,05. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,413, ini berarti bahwa 41,3% volume penjualan dijelaskan oleh periklanan dan biaya promosi sedangkan sisanya 58,7% dijelaskan oleh faktor yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2011 09:20
Last Modified: 05 Apr 2011 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11223

Actions (login required)

View Item View Item