ANALISIS PENGARUH SUPERVISI KEPERAWATAN, INSENTIF DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PERAWAT RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA

Triyatmojo , Iwan (2007) ANALISIS PENGARUH SUPERVISI KEPERAWATAN, INSENTIF DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PERAWAT RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._Cover.pdf

Download (604kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)

Abstract

Perasaan-perasaan yang berhubungan dengan kepuasan atau ketidakpuasan kerja cenderung lebih mencerminkan penaksiran dari tenaga kerja tentang pengalaman-pengalaman kerja pada waktu sekarang dan lampau daripada harapan-harapan untuk masa yang akan datang. Sedangkan Howell dan Dipboye, (dalam Munandar, 2001: 350) memandang kepuasan kerja sebagai hasil keseluruhan dari derajat suka atau tidak sukanya tenaga kerja terhadap aspek dari pekerjaannya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi keperawatan, insentif, dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Islam Surakarta baik secara parsial atau simulatan dan untuk mengetahui pengaruh faktor apakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Islam Surakarta. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat mengidentifikasi berbagai faktor kritikal yang perlu diperhatikan dalam mengelola karyawan sehingga dapat memberi lingkungan kerja yang nyaman, serta mengambil dan menentukan dengan tepat kebijakan- kebijakan yang akan diterapkan kepada karyawan, dilihat dari regulasi emosi dan kepuasan kerja dari karyawan. Agar kebijakan yang diambil benar-benar tepat dan menghasilkan kinerja karyawan yang optimal dengan pelayanan tenaga perawat ke pasien yang lebih baik. Metodologi yang digunakan untuk menganalisis pengaruh supervisi keperawatan, insentif, dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Islam Surakarta digunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat Rumah Sakit Islam Surakarta, sedangkan sampelnya adalah 50 perawat Rumah Sakit Islam Surakarta yang teknik pengambilan sampelnya menggunakan Convinience Sampling. Hasil penelitian untuk variabel supervisi keperawatan diperoleh nilai thitung 0,605 < 2,013. Sehingga supervisi keperawatan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat RSIS Surakarta. Untuk variabel insentif diperoleh nilai thitung 3,375 > 2,013. Sehingga insentif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat RSIS Surakarta. Dan untuk variabel motivasi kerja diperoleh nilai thitung 2,621 > 2,013. Sehingga motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat RSIS Surakarta. Berdasarkan hasil pengujian secara serentak diperoleh Fhitung 18,886 > 2,84. Sehingga supervisi keperawatan, insentif, motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat RSIS Surakarta. Dan dengan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,552. Hal ini berarti bahwa 55,2% supervisi keperawatan, insentif dan motivasi kerja dapat menjelaskan tentang kepuasan kerja perawat RSIS Surakarta, sedangkan sisanya sebesar 44,8% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: supervisi keperawatan, insentif, motivasi kerja, kepuasan kerja.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2011 08:54
Last Modified: 05 Apr 2011 08:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11213

Actions (login required)

View Item View Item