PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BATIK DANAR HADI DI SOLO

GINANJAR, THITIS (2007) PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BATIK DANAR HADI DI SOLO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan, Bab 1, Daftar Pustaka)
Halaman_Depan.pdf

Download (129kB)
[img] PDF
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promotional mix yang terdiri dari iklan dan promosi penjualan terhadap volume penjualan. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari data alokasi biaya iklan dan promosi penjualan serta jumlah volume penjualan selama tahun 1996 sampai 2005 dalam satuan rupiah. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Bardasarkan analisis regresi liner berganda diperoleh ksimpulan bahwa (1) hasil uji pengaruh signifikasi bersama-sama menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara variable promotional mix yang terdiri dan iklan dan promosi penjualan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji F. dimana nilai F hitung 16,395 > Ftabel 3,33. dari hasil regresi ditunjukan bahwa model regresi yang dihasilkan bagus karena menghasilkan nilai koefisien determinasi (R2) mendekati 1. Nilai tersebut menunjukan variasi yang terjadi pada variable volume penjualan dapat dijelaskan oleh variable iklan dan promosi penjualan sebesar 54,8% sedangkan sisanya 45.2%dipengaruhi variabel lain diluar model penelitian. (2) Sedangkan uji signifikasi pengaruh secara parsial di peroleh hasil bahwa variabel periklanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t diman nilai t hitung 5,277 > ttabel 2,045. Variabel promosi penjualan secara parsial berpengaruh signifikan bersifat negatif. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t dimana nilai t hitung -2,139 < ttabel -2,045.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: volume penjualan, iklan dan promosi penjualan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 05 Apr 2011 08:57
Last Modified: 05 Apr 2011 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11212

Actions (login required)

View Item View Item