PEMILIHAN METODE ALOKASI BIAYA BERSAMA DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUK PER UNIT PADA PERUSAHAAN PENGGILINGAN PADI “MARGO MULYO” DI SINGOPURAN KARTASURA

SUSILOWATI, ANIS (2007) PEMILIHAN METODE ALOKASI BIAYA BERSAMA DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUK PER UNIT PADA PERUSAHAAN PENGGILINGAN PADI “MARGO MULYO” DI SINGOPURAN KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
JUDUL_SKRIPSI.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
SURAT_KETERANGAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)

Abstract

Dalam menentukan harga jual produk, perusahaan perlu memperhatikan berbagai faktor yang bisa mempengaruhi perubahan jual salah satu faktor yang mempengaruhi tersebut adalah masalah penentuan harga pokok produk per unit yang harus dihitung secara teliti dan tepat. Biaya produksi yang dihitung dalam penentuan harga produk per unit meliputi bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya over head pabrik. Masalah yang akan dibahas adalah (1) Apakah pemilihan metode alokasi biaya bersama dapat menentukan harga pokok produksi per unit yang paling tepat? (2) Metode alokasi biaya bersama manakah yang paling rendah menghasilkan biaya produksi? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menghitung harga pokok produk per unit yang paling tepat berdasarkan metode alokasi biaya bersama yang terdiri dari metode nilai jual relatif, satuan fisik, rata-rata satuan per unit dan rata- rata tertimbang. (2) Untuk mengetahui metode alokasi biaya bersama yang menghasilkan harga pokok produksi paling rendah. Melalui penelitian ini, hasilnya dapat diharapkan untuk memberikan manfaat atau kegunaan sebagai berikut : (1) Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan sumbangan pemikiran bagi perusahaan, sehingga dapat digunakan oleh pimpinan perusahaan untuk mengetahui metode alokasi biaya yang paling tepat untuk digunakan pada perusahaan penggilingan padi “Margo Mulyo” di Singopuran. (2) Penelitian ini sebagai penerapan teori yang penulis terima di bangku kuliah untuk dapat diterapkan pada kehidupan nyata. (3) Sebagai salah satu bahan referensi pembanding bagi peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis di masa yang akan datang yang berkaitan dengan masalah metode alokasi biaya bersama. Berdasarkan analisis data yang dilakukan penulis maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan ternyata terbukti yaitu dengan penjelasan sebagai berikut : Perusahaan Penggilingan Padi “Margo Mulyo” di Singopuran telah mengadakan perhitungan harga pokok produk per unit untuk tiap bulannya. Tetapi dalam perhitungan yang dilakukan oleh perusahaan hanya membebankan pada biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja saja, sedangkan biaya overhead pabrik tidak dibebankan. Walaupun biaya overhead pabrik tidak mempunyai hubungan langsung dengan produk yang dihasilkan, tetapi biaya overnead pabrik ini menjadi bagian dari biaya produksi. Karena biaya overhead pabrik ini menjadi bagian dari biaya produksi. Hasil penelitian dari analisa data adalah dengan dilihat secara keseluruhan dari perhitungan harga pokok per kg baik untuk IR 64 maupun IR 36 yang menggunakan metode harga pokok rata-rata per satuan dan metode harga pokok rata-rata tertimbang. Ternyata lebih efisien dengan menggunakan metode harga pokok rata-rata tertimbang karena harga pokok per kg paling rendah baik untuk beras, manis, katul dan sekam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga Jual Produk, Harga Pokok Per Satuan Produk
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2011 04:56
Last Modified: 05 Apr 2011 04:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item View Item