TITISARI , FARIDA RATNA (2007) ANALISIS PENGARUH LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PD BPR BANK PASAR BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf Download (154kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Farida Ratna Titisari, 2007. Analisis Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh variabel lokasi dan variabel pelayanan PD. BPR. Bank Pasar secara signifikan dan positif terhadap loyalitas nasabah serta .mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah. Sesuai dengan penelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Teknik sampling yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara random sampling (sampel secara acak) yaitu dengan menganggap setiap subyek yang ada di dalam populasi memperoleh kesempatan (chance) yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Adapun jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 100 orang dari nasabah PD. BPR Bank Pasar di Boyolali. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, lokasi PD. BPR. Bank Pasar ternyata tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah PD. BPR Bank Pasar karena mempunyai nilai thitung (-0,303) ≤ ttabel (-1,67.). Sedangkan pelayanan yang diberikan oleh PD. BPR Bank Pasar ternyata mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai thitung (2,096) > ttabel (1,67). Dengan demikian pelayanan merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Secara bersama-sama, lokasi dan pelayanan PD. BPR. Bank Pasar Boyolali berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, dengan nilai Fhitung (3,155) > Ftabel (3,07). Nilai R2 sebesar 0,268 (26,8%), yang berarti perubahan loyalitas nasabah disebabkan oleh berubahnya besaran variabel lokasi dan pelayanan yang terjadi sebesar 26,8%. Lokasi PD. BPR. Bank Pasar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah karena lokasi PD. BPR Bank Pasar tertentu hanya melayani nasabah di lingkungannya atau pelayanan PD. BPR Bank Pasar dibatasi oleh wilayah kerjanya (lingkungannya). Lain halnya jika lokasi tersebut tidak terlalu banyak dan jumlah nasabahnya yang membutuhkan jasa perbankan semakin bertambah, hal ini dikarenakan pada lingkungan masyarakat sekitar lokasi banyak yang membutuhkan jasa perbankan, misalnya seperti daerah pasar atau berkumpulnya banyak pedagang maupun toko. Sementara pelayanan adalah hal yang sangat diharapkan oleh nasabah BPR Bank Pasar, yaitu pelayanan yang menyenangkan dari sisi konsumen atau nasabah itu sendiri yang faktor-faktornya meliputi keramahan petugas bank, proses yang cepat dan aturan-aturan yang tidak berbelit-belit serta menjunjung tinggi norma keadilan terhadap para pengguna jasa perbankan yang lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lokasi, pelayanan, loyalitas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 05 Apr 2011 03:19 |
Last Modified: | 05 Apr 2011 03:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11182 |
Actions (login required)
View Item |