PURWANTO, BAYU DWI (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA LESTARI BARU DI KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (56kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
Abstract
Dalam keadaan seperti sekarang ini dimana terdapat persaingan yang sangat kompetitif antara swalayan yang ada dalam satu wilayah kota Gemolong tentu tidak mudah bagi pihak Toserba Lestari Baru untuk dapat bersaing dengan swalayan baru yang memiliki fasilitas dan kemudahan dengan teknologi dan tata ruangan yang baru untuk memuaskan konsumen yang dilayani. Tujuan penelitian ini untuk ingin mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, (2) pengaruh fasilitas terhadap kepuasan konsumen, (3) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, (3) pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen, dan (4) faktor-faktor yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Toserba Lestari Baru. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan yang dijaDikan sample sejumlah 50 konsumen yang berbelanja di Toserba Lestari Baru. Sumber data dengan metode angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan uji t-test dan uji F. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: diperoleh Fhitung sebesar = 23,126 dan Ftabel sebesar 2,94 (Fhitung > Ftabel) sehingga Ho ditolak dan terlihat signifikan dengan probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian terbukti ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2), lokasi (X3), dan harga (X4) secara bersama-sama terhadap variabel tingkat kepuasan konsumen (Y). Untuk variabel harga sebesar 7,663 merupakan hasil yang dominan dibandingkan dengan variabel lain yaitu, kualitas pelayanan (4,234), fasilitas (3,460), dan lokasi (6,768). Hasil koefisien determinasi R² sebesar 0,783 (R²), yang berarti variasi perubahan variabel independen dapat dijelaskan variabel kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2), lokasi (X3), dan harga (X4) sebesar 78,3%. Sedangkan sisanya 11,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi, misalnya suasana tempat penjualan, kualitas barang yang dijual, dan sebagainya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 04 Apr 2011 09:48 |
Last Modified: | 04 Apr 2011 09:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11169 |
Actions (login required)
View Item |