“ANALISA RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR TINGKAT EFISIENSI PENGGUNAAN DANA PADA KP-RI HANDAYANI KECAMATAN JATISRONO DI WONOGIRI”

Susanti , Heni (2007) “ANALISA RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR TINGKAT EFISIENSI PENGGUNAAN DANA PADA KP-RI HANDAYANI KECAMATAN JATISRONO DI WONOGIRI”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
DEPAN.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.PDF

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (7kB)

Abstract

Pada dasarnya masalah efisiensi penggunaan dana memegang peranan penting dalam setiap perusahaan. Efisien akan dapat dicapai apabila perusahaan dalam kegiatan usahanya dapat menempatkan dan menentukan komposisi masing- masing aktiva sesuai dengan kegiatan perusahaan, sehingga tidak akan terjadi kekurangan dana yang mengakibatkan modal kerja menganggur. Dari sini dapat dirumuskan pokok permasalahan yang ingin diteliti yaitu apakah penggunaan dana pada KPRI Handayani Wonogiri telah efektif dan efisien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perkembangan penggunaan dana dan mengetahui apakah penggunaan dana pada KPRI Handayani sudah efektif dan efisien. Alat analisis yang digunakan adalah likuiditas, solvabiltias, rentabilitas, profitabiltias dan aktivitas. Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis diketahui bahwa likuiditas koperasi baik, dengan current ratio tertinggi 267% dan quick ratio tertinggi 260%. Dilihat dari ratio rentabilitas cukup stabil dengan rentabilitas modal sendiri tertinggi 8,78% dan rentabilitas ekonomi tertinggi 176% dan total assets to debt ratio tertinggi sebesar 276%. Hal ini menunjukkan kemampuan koperasi membayar hutang dengan aktiva baik. Untuk ratio profitabilitas, kemampuan mendapat keuntungan dari operasi usahanya masih rendah. Gross Profit Margin tertinggi 2,6% dan Net Profit Margin tertinggi 15,11%. Dilihat dari ratio aktivitas, perputaran aktiva koperasi kurang stabil. Perputaran tertinggi pada tahun 2002 yakni 0,48 kali. Secara keseluruhan penggunaan dana pada KPRI Handayani sudah efisien tetapi koperasi masih perlu meningkatkan lagi kemampuan memperoleh laba dengan meningkatkan perputaran aktiva usaha, sehingga akan tercapai tingkat efisiensi penggunaan dana yang optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisa rasio keuangan, tingkat efisiensi penggunaan dana.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 09:17
Last Modified: 04 Apr 2011 09:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11160

Actions (login required)

View Item View Item