ANALISIS DU PONT SYSTEM SEBAGAI PENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA KPRI KESJAHTERAAN KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2001-2005

Nurhandayani, Ullis (2007) ANALISIS DU PONT SYSTEM SEBAGAI PENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA KPRI KESJAHTERAAN KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2001-2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (28kB)

Abstract

Pengukuran kinerja keuangan merupakan fakta yang sangat menentukan keberhasilan jalannya perusahaan, salah satunya adalah koperasi. Pengukuran kinerja keuangan dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan sistem imbalan dalam perusahaan. Pengukuran kinerja dilanjutkan dengan penilaian kinerja perusahaan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengelola operasi organisasi, membantu mengambil keputusan, mengidentifikasi tentang kebutuhan akan sumber daya, merencanakan pengembangan dan penyediaan informasi untuk memberikan penghargaan bagi karyawan. Penelitian pada KPRI KESEJAHTERAAN kecamatan Taman kabupaten Pemalang bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris kinerja keuangan koperasi dengan menggunakan analisis secara internal yaitu dengan melihat perkembangan laporan keuangan dari periode ke periode berikutnya. Penelitian ini menggunakan laporan keuangan KPRI KESEJAHTERAAN tahun 2001-2005 dengan alat analisis yang digunakan yaitu Du Pont System. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan metode Du Pont System baik sebelum maupun sesudah dimodifikasi menghasilkan, jika dilihat dari profit margin yang dihasilkan pada KPRI KESEJAHTERAAN tahun 2001-2005 terus meningkat tiap tahunnya. Profit margin yang meningkat tiap tahun menunjukan kemampuan koperasi dalam menghasilkan laba bersih terhadap penjualan tertentu tinggi yang berarti kinerja keuangan koperasi jika dilihat dari profit marginnya baik. Dilihat dari perputaran aktivanya yang terus menurun setiap tahunnya menunjukkan ketidak efektifan koperasi dalam mengelola asetnya. Dilihat dari ROA dan ROI yang dihasilkan oleh KPRI KESEJAHTERAAN tahun 2001-2005 kurang stabil. Meskipun profit margin yang dihasilkan meningkat, tetapi perputaran aktiva yang dihasilkan terus menurun. Hal ini menyebabkan ROI dan ROA yang dihasilkan kurang stabil. ROA dan ROI yang kurang stabil menunjukan kinerja KPRI KESEJAHTERAAN tahun 2001-2005 dalam efesiensi dan efektivitas pengelola aset yang dihasilkan cukup baik. Namun seringkali ROA dan ROI dianggap sama. KPRI KESEJAHTERAAN termasuk koperasi yang solvabel jika dilihat dari financial leverage, karena total utang lebih kecil bila dibandingkan dengan total asetnya. Berdasarkan ROE yang dihasilkan setiap tahunnya, ROE pada tahun-tahun awal meningkat tetapi memburuk sejak titik tertinggi pada tahun 2004 dari 8,3% menjadi 6,4% pada tahun 2005. ROE titik tertinggi terjadi pada titik 2003 dan 2004 yaitu 8,3% ini menunjukan kemampuan koperasi menghasilkan laba bersih berdasarkan modal tertentu tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 08:54
Last Modified: 04 Apr 2011 08:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11153

Actions (login required)

View Item View Item