ERNAWATI, ERNAWATI (2024) PENINGKATAN INTENSI BERWIRAUSAHA SANTRI MELALUI TEKNIK MODELING. UNSPECIFIED thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Ringkasan Disertasi)
RINGKASAN DISERTASI ERNAWATI ok.pdf Download (417kB) |
Abstract
Sebagian besar lulusan pondok pesantren di Indonesia tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi setelah menyelesaikan sekolah karena masalah keuangan sehingga tidak memiliki keterampilan yang mendukung untuk bekerja dalam mencari mata pencahariannya. Oleh karena itu, pesantren ingin mengembangkan strategi untuk membantu para alumni dalam mencari pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikannya. Meningkatkan intensi wirausaha santri dari berbagai sektor merupakan salah satu cara, yang diharapkan pesantren dapat mendukung para alumni dalam mencari nafkah setelah lulus pondok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik modelling dalam peningkatkan Intensi wirausaha pada santri dan menjelaskan pengaruh perbedaan jenis kelamin terhadap tingkat intensi wirausaha pada santri serta menjelaskan pengaruh latar belakang orangtua terhadap tingkat intensi wirausaha pada santri. Metode dalam penelitian ini adalah mixed method atau sering disebut dengan metode campuran. Pelaksanaan penelitian metode campuran ini adalah dengan cara menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian campuran ini dengan menggunakan strategi eksplanatoris sekuensial. Enam puluh santri pondok pesantren berpartisipasi dalam penelitian ini. Desain Three Group Solomon digunakan untuk menguji keefektifan teknik modeling dalam meningkatkan intensi wirausaha pada santri. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok eksperimen, kelompok kontrol 1, dan kelompok kontrol 2 yang masing-masing terdiri dari 20 santri. Skala intensi wirausaha digunakan untuk mengukur intensi/niat berwirausaha di antara setiap kelompok santri. Selanjutnya santri yang skor intensi wirasuaha tinggi dan rendah di wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan antara skor post-tes intensi wirausaha pada kelompok eksperimen (dengan perlakuan) dan skor post-tes intensi wirausaha pada kelompok kontrol 1 (tanpa perlakuan). Kedua, skor post-tes intensi wirausaha pada kelompok eksperimen (dengan perlakuan) tidak berbeda dengan skor post-tes intensi berwirausaha pada kelompok kontrol 2 (dengan perlakuan). Hasilnya konsisten dalam arti bahwa kelompok yang mendapat perlakukan memiliki tingkat intensi berwirausaha yang meningkat jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak mendapat perlakukan apapun. Dengan demikian, teknik modeling efektif dalam meningkatkan intensi wirausaha santri, Intensi wirausaha santri laki-laki lebih tinggi daripada intensi wirausaha perempuan dan Intensi wirausaha santri dari orang tua yang berprofesi wirausaha lebih tinggi dari santri yang orang tua berprofesi non wirausaha. Kata Kunci: Intensi Wirausaha, Teknik Modeling, Santri ABSTRACT ERNAWATI: Increasing Santri's Entrepreneurial Intentions Through Modeling Techniques at Ittihadul Asna Islamic Boarding School Salatiga Dissertation: Doctoral Program in Islamic Education, Graduate School, Muhammadiyah University, Surakarta Most of the graduates of Islamic boarding schools in Indonesia do not continue on to tertiary institutions after finishing school due to financial problems so that they do not have the skills to support them to work in search of their livelihood. Therefore, the pesantren wants to develop strategies to assist alumni in finding work after completing their education. Increasing the entrepreneurial intention of students from various sectors is one way, which is expected to be able to support the alumni in making a living after graduating from the boarding school. This study aims to determine the effectiveness of modeling techniques in increasing entrepreneurial intention in students and to explain the effect of gender differences on the level of entrepreneurial intention in students and to explain the influence of parental background on the level of entrepreneurial intention in students. The method in this research is the mixed method or often referred to as the mixed method. The implementation of this mixed methods research is by combining quantitative research methods and qualitative research methods. This type of mixed research uses a sequential explanatory strategy. Sixty Islamic boarding school students participated in this study. The Three Group Solomon design was used to test the effectiveness of the modeling technique in increasing the entrepreneurial intention of students. Participants were divided into three groups, namely the experimental group, control group 1, and control group 2, each of which consisted of 20 students. The entrepreneurial intention scale is used to measure the entrepreneurial intention/intention among each group of students. Furthermore, students who scored high and low entrepreneurial intentions were interviewed. The results of this study indicate: First, there is a significant difference between the post-test scores of entrepreneurial intentions in the experimental group (with treatment) and the post-test scores of entrepreneurial intentions in the control group 1 (without treatment). Second, the entrepreneurship intention post-test score in the experimental group (with treatment) was not different from the entrepreneurship intention post-test score in the control group 2 (with treatment). The results were consistent in the sense that the group that received any treatment had an increased level of entrepreneurial intention when compared to the group that did not receive any treatment. Thus, the modeling technique is effective in increasing the entrepreneurial intention of students, the entrepreneurial intention of male students is higher than the entrepreneurial intention of women and the entrepreneurial intention of students from parents who are entrepreneurial is higher than students whose parents are non-entrepreneurs.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Entrepreneurial Intentions, Modeling Techniques, Santr |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Gatiningsih |
Date Deposited: | 06 May 2023 04:48 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 05:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/111510 |
Actions (login required)
View Item |