KONSTRUK TEORITIK DAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN WASATIYAH

RIDHA, ACHMAD RASYID (2022) KONSTRUK TEORITIK DAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN WASATIYAH. Disertasi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Ringkasan Disertasi)
Ringkasa Disertasi Rosyid.pdf

Download (274kB)

Abstract

Kajian moderasi beragama (wasatiyah) merupakan sesuatu yang abstrak dan subyektif karena menyangkut ranah afektif baik idelogis maupun psikologis. Dibutuhkan suatu terobosan dalam menciptakan instrument pengukuran untuk meminimalisir antara data dan fakta. Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrument pengukuran wasatiyah (moderasi beragama) yang valid, reliabel dan memenuhi kriteria goodness of fit statistic berdasar konstruk teori yang digunakan dalam penyusunan dimensi, aspek dan indikator. Wasatiyah diukur dengan 4 (empat) dimensi, meliputi : dimensi kebangsaan, dimensi keislaman, dimensi toleransi serta dimensi anti kekerasan. Masing-masing dimensi terdiri dari 2 (dua) aspek, sehingga ada 8 (delapan) aspek dan total 25 (dua puluh lima) indikator. Subyek penelitian berjumlah 286 (dua ratus delapan puluh enam) orang untuk instrumen 1 dan 250 (dua ratus limapuluh) orang untuk instrument 2, mereka merupakan tenaga pendidik dan kependidikan Sekolah Islam Terpadu yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia. Penulisan ini melewati 3 (tiga) tahap penelitian meliputi tahap awal berupa studi pustaka, tahap pengembangan serta tahap penyajian. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif melalui ujicoba lapangan dengan metode pengukuran (measurement) dan dalam analisa menggunakan aplikasi LISREL 8.8 melalui konstruksi reflektif berdasar confirmatory factor analysis (CFA). Berdasarkan analisa faktor konfirmatori atas konstruk wasatiyah adalah valid, reliabel dan model fit. Setiap dimensi, aspek dan indikator dapat mencerminkan dan membentuk konstruk wasatiyah baik pada instrument 1 maupun pada instrument 2. Oleh karena itu, model pengukuran konstruk teori wasatiyah dapat diterima sesuai data empiris yang diperoleh dari uji lapangan. Sejalan dengan program Kementerian Agama yang ingin mengembangkan paham Islam moderat di Nusantara, perlu didukung oleh perangkat pengukuran yang jelas. Dengan perangkat pengukuran wasatiyah, diharapkan terhindar dari prejude yang bernuansa politis. Wasatiyah harus didefinisikan secara jujur, bukan atas kepentingan politik sesaat. Perangkat pengukuran instrument wasatiyah ini diharapkan dapat digunakan oleh lembaga mana pun khususnya lembaga pendidikan formal dalam menilai tingkat wasatiyah seorang pegawai, guru atau karyawan. Di samping itu dapat juga digunakan komunitas-komunitas muslim lainnya seperti remaja masjid, komunitas hijrah dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: wasatiyah, instrumen pengukuran, validitas konstruk. realibilitas konstruk, kebangsaan, Islamic worldview, toleransi, anti kekerasan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > S3 Pendidikan Islam
Depositing User: Gatiningsih
Date Deposited: 06 May 2023 04:17
Last Modified: 09 May 2023 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/111508

Actions (login required)

View Item View Item