ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN DU PONT SYSTEM PADA PABRIK MAKANAN TERNAK KJUB (KOPERASI JASA USAHA BERSAMA) PUSPETASARI DI CEPER KLATEN

RAHMAWATI , VINA (2007) ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN DU PONT SYSTEM PADA PABRIK MAKANAN TERNAK KJUB (KOPERASI JASA USAHA BERSAMA) PUSPETASARI DI CEPER KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
03_BAB_II,_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat, tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan perkembangan tingkat permintaan yang kompleks mengakibatkan timbulnya berbagai cabang industri yang hanya semata-mata menjawab kebutuhan masyarakat, tetapi lingkungan dapat cepat berubah sehinga terjadinya persaingan mengalihkan minat permintaan pada produk lain yang sejenis. Ketatnya persaingan mengharuskan pengelolaan manajemen dengan baik. Untuk dapat menguasai pangsa pasarnya. Salah satu indikator perusahaan mempunyai performance yang baik dapat dilihat dari aspek keuangan atau aspek financial-nya. Pengelolaan keuangan yang baik akan membantu mencapai tujuan perusahaan. Salah satu alat yang dipakai untuk mengetahui kondisi, dalam hal ini tingkat kinerja keuangan suatu perusahaan, adalah terwujudnya laporan keuangan yang disusun pada setiap akhir periode yang berisi laporan pertanggungjawaban dalam bidang keuangan atas berjalannya suatu usaha. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan adalah Du Pont System, yang akan memberikan gambaran kepada penganalisa tentang baik buruknya kondisi atau kinerja keuangan perusahaan terutama apabila rasio tersebut dibandingkan dengan angka rasio tiap tahunnya. Obyek dari penelitian ini adalah Pabrik Makanan Ternak KJUB (Koperasi Jasa Usaha Bersama) PUSPETASARI di Klaten. Data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi gambaran umum perusahaan dan laporan keuangan pada tahun 1999-2001. Dilihat dari return on invesment menunjukkan perusahaan berkinerja baik karena terjadi peningkatan meskipun pada tahun 2001 terjadi penurunan R0I yang disebabkan karena menurunnya laba bersih perusahaan. Dilihat dari nett profit margin perusahaan pada tahun 2001 mengalami penurunan, hal itu menyebabkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba pada tahun tersebut tidak mengalami penurunan. Total asset turn over menunjukkan peningkatan sehingga aktivitas atau kinerja perusahaan dikatakan baik, meskipun pada tahun 2000 mengalami penurunan. Namun itu masih dikatakan stabil karena berkisar antara 4 X putaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 08:37
Last Modified: 04 Apr 2011 08:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11150

Actions (login required)

View Item View Item