PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA LANSIA

Kafindi, Kafindi (2022) PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA LANSIA. Disertasi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Ringkasan Disertasi)
RINGKASAN DISERTASI KAFINDI.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini menfokuskan pada pembelajaran tahfidz Al-Qur'an pada lansia. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimana profil para lansia penghafal Al-Qur’an, 2). Bagaimana metode yang dikembangkan oleh guru dalam mengajarkan hafalan Al-Qur’an, 3). Bagaimana peran guru dan keluarga dalam mendukung para lansia menghafal Al-Qur’an. Tujuan dalam penelitian ini yakni menemukan profil lansia, metode dan menemukan peran guru dan keluarga dalam mendukung hafalan lansia Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi dalam proses pengumpulan data yang kemudian dianalisis secara deksriptif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa para lansia penghafal Al-Qur'an berusia 60 tahun keatas dan memiliki banyak kesibukan, adapun yang berhasil itu memiliki banyak aspek positif, seperti sudah memiliki rasa senang untuk menghafal, memiliki waktu yang cukup, dan mendapat dukungan yang penuh dari keluarga. Lansia yang berhasil menghafalkan Al-Qur’an 30 juz menggunakan metode Tadabur Ayat. Metode ini memiliki syarat yaitu calon penghafal haruslah sudah lancar membaca Al-Qur’an dan dengan model karantina. Metode yang digunakan oleh para lansia penghafal Al-Qur'an lainnya adalah Talaqqi dan Jama’, namun kedua metode tersebut masih perlu modifikasi agar lebih efektif. Peran Guru dan keluarga sangat berdampak terhadap keberhasilan para lansia dalam menghafal Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Lansia, Metode Menghafal Al-Qur’an, Peran Guru dan Keluarga.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > S3 Pendidikan Islam
Depositing User: Gatiningsih
Date Deposited: 06 May 2023 03:35
Last Modified: 06 May 2023 03:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/111465

Actions (login required)

View Item View Item