Haryanti, Nur (2007) ANALISIS PENGARUH CITRA RESTORAN STEAK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Warung Steak di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (84kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab-1.PDF Download (14kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab-2.PDF Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.PDF Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV dan V)
Bab-45.PDF Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.PDF Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra restoran terhadap loyalitas konsumen di wilayah Surakarta serta menganalisis faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas konsumen. Citra restoran dalam penelitian ini diukur atas empat variabel yaitu kualitas produk, harga, pelayanan, dan lingkungan fisik. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen yang melakukan pembelian steak di Surakarta dengan sampel sebanyak 96 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1. Variabel kualitas produk, harga, pelayanan, dan lingkungan fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini didukung dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel. 2. Variabel kualitas produk, harga, pelayanan, dan lingkungan fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini didukung dari hasil uji F yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel. 3. Variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen adalah kualitas produk. Hal ini didukung dari besarnya nilai koefisien regresi kualitas produk (0,310) yang lebih besar dibandingkan koefisien regresi variabel harga, pelayanan, dan lingkungan fisik (0,277 ; 0,135 ; 0,123). 4. Besarnya koefisien determinasi R² adalah 0,485 artinya variasi variabel loyalitas konsumen dijelaskan oleh variasi variabel kualitas produk, harga, pelayanan, dan lingkungan fisik secara bersama-sama sebesar 48,5% sisanya sebesar 51,5% dijelaskan variabel lain yang tidak terdapat di dalam model atau tidak penulis teliti. Untuk meningkatkan loyalitas konsumen pihak restoran disarankan untuk terus meningkatkan citranya melalui peningkatan kualitas produk, menetapkan harga yang bersaing, meningkatkan pelayanan karyawan, serta mendukung terciptanya lingkungan fisik yang nyaman dan memadai.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 04 Apr 2011 05:34 |
Last Modified: | 04 Apr 2011 05:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11141 |
Actions (login required)
View Item |