PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN MELALUI PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PT BURSA EFEK JAKARTA (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ)

MARTINI, SRI (2007) PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN MELALUI PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PT BURSA EFEK JAKARTA (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
A_hal_depan.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
B_Bab_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab 2-3)
B_Bab_2,3,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab 4-5)
B_Bab_4,5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
D_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Perkembangan perekonomian di era globalisasi mendorong berbagai sektor usaha yang berlomba untuk meningkatkan kinerja perusahaan agar tetap bertahan dalam persaingan. Salah satu cara mengetahuinya nilai perusahaan adalah dengan pengukuran kinerja. Pengukuran kinerja antara lain dapat dipergunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan dan juga dapat digunakan sebagai dasar untuk menyusun sistem imbalan dalam perusahaan. Dewasa ini telah berkembang metode-metode yang modern untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan. Salah satunya yaitu EVA (Economic Value Added), dimana metode ini telah dicoba dan dibuktikan pada perusahaan-perusahaan besar bahwa metode EVA lebih efektif dibandingkan dengan metode tradisional. Maka dari itu penulis menggunakan metode Economic Value Added dalam melakukan penelitiannya. Dan terbukti dalam penelitian ini bahwa EVA > 0, hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara pengukuran kinerja perusahaan dengan metode tradisional dan metode EVA yang ditunjukkan oleh hasil pengujian thitung sbesar 4,815 > 2,01 untuk ROI dengan EVA dan thitung sebesar 3,146 > 2,01 untuk ROE dan EVA. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengukuran kinerja perusahaan dengan metode EVA lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan metode tradisional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN, PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 01 Apr 2011 09:59
Last Modified: 01 Apr 2011 09:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item View Item