PENGARUH PENGUMUMAN DEVIDEN TERHADAP PERUBAHAN VOLUME PERDAGANGAN DAN PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA PADA TAHUN 2005

Wicaksono , Primawan Dony (2007) PENGARUH PENGUMUMAN DEVIDEN TERHADAP PERUBAHAN VOLUME PERDAGANGAN DAN PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA PADA TAHUN 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
BAB_II_dan_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
12_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
13_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
14_Daftar_Pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Untuk membuat keputusan investasi, seorang investor akan dipengaruhi oleh resiko dan tingkat keuntungan yang diharapkan. Investor seharusnya melakukan analisis sebelum menentukan saham-saham mana yang akan dibeli. Informasi yang sepenuhnya tercermin pada harga saham akan sangat berharga bagi para pelaku pasar modal. Investasi sangat dipengaruhi oleh perdagangan saham dan harga saham suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan perubahan volume perdagangan dan harga saham setelah terjadi pengumuman deviden. Ada tidaknya pengaruh pengumuman deviden terhadap volume perdagangan saham dan perubahan harga saham akan dilihat dari rata-rata volume perdagangan saham dan perubahan harga saham sebelum dan sesudah tanggal pengumuman deviden. Teknik uji yang digunakan adalah Teknik Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Sign Rank Test) untuk data berpasangan dengan menggunakan α= 5%, dan diambil 24 perusahaan sebagai sampel yang memenuhi kriteria. Adapun hipotesis yang peneliti sampaikan adalah: 1) Ada perbedaan perubahan volume perdagangan saham yang signifikan antara periode sebelum dengan sesudah pengumuman deviden. 2) Ada perbedaan perubahan harga saham yang signifikan antara periode sebelum dengan sesudah pengumuman deviden. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yaitu: 1) Tidak ada perbedaan perubahan volume perdagangan saham yang signifikan antara periode sebelum dengan periode sesudah pengumuman deviden. 2) Tidak ada perbedaan perubahan harga saham yang signifikan antara periode sebelum dengan periode sesudah pengumuman deviden. Hasil ini berarti bahwa perusahaan di BEJ pada tahun 2005 kurang memperhatikan pengumuman deviden sebagai alat untuk mencerminkan baik buruknya kondisi perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Deviden, Perubahan Volume Perdagangan Saham, Perubahan Harga Saham, Wilcoxon Sign Rank Test.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2011 07:56
Last Modified: 31 Mar 2011 07:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11128

Actions (login required)

View Item View Item