WIDHIANTO, ERWAN (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PO. PURWO WIDODO DI SIDOHARJO, WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
Hal_Depan.pdf Download (399kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB-01.pdf Download (35kB) |
|
PDF (bab 2-3)
BAB_02-03.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab 4-5)
BAB-04-05-ERWAN_W-UMS.PDF Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
Abstract
Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, fasilitas dan pelayanan secara bersama-sama dan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo, 2) Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo. Hipotesis dalam penelitian ini: 1) Diduga variabel harga, fasilitas dan peleyanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo, 2) Diduga variabel pelayanan merupakan variabel yang memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen /pelanggan Bus PO. Purwo Widodo. Sampel yang akan diambil dan diteliti hádala berjumlah seratus orang pelanggan Bus PO. Purwo Widodo dengan pengambilan sampel secara non probability sampling dan teknik incidental sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: 1) Hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya : Y= 0,196 + 0,201X1 + 0,352X2 + 0,443X3, artinya bahwa variabel harga, fasilias dan pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen /pelanggan Bus PO.Purwo Widodo, 2) Berdasar analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk harga sebesar 2,641 > ttabel (1,990), variabel fasilitas didapatkan thitung (4, 166) > (1,990), variabel pelayanan didapatkan thitung (5,609) > ttabel (1,990), artinya semakin semakin baik penetapan harga, fasilitas dan pelayanan yang diberikan maka semakin baik dan naik pula kepuasan konsumen dan variabel pelayanan merupakan variabel yang faktor yang dominan pengaruhnya. Uji t tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (Ha2) terbukti kebenarannya, 3) Uji F diperoleh Fhitung > Ftabel ; 34,057 > 2,170 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel harga, fasilitas, dan pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen secara stimultan. Berarti hiotesis pertama (Ha1) terbukti kebenaranya, 4) Analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 0,516 artinya bahwa 51,60 % variasi variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel harga, fasilitas dan pelayanan sedangkan sisanya yaitu 48,40 % tidak dijelaskan dalam penelitian ini, misalnya tempat yang strategis, jarak tempuh konsumen dengan agen bus, dan lain-lain. Kata Kunci: Harga, Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan konsumen.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 30 Mar 2011 09:18 |
Last Modified: | 30 Mar 2011 09:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11112 |
Actions (login required)
View Item |