Pemanfaatan Dana Retribusi Untuk Pemeliharaan Kebersihan Kawasan UMKMStudi Kasus Pada Peraturan Desa Banjardawa Nomor 1 Tahun 2020 Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang Tahun 2021

Priyono, Johan Adhi and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si (2023) Pemanfaatan Dana Retribusi Untuk Pemeliharaan Kebersihan Kawasan UMKMStudi Kasus Pada Peraturan Desa Banjardawa Nomor 1 Tahun 2020 Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang Tahun 2021. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (347kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf - Submitted Version

Download (749kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pemanfaatan Dana Retribusi Desa untuk Pemeliharaan Kebersihan Kawasan UMKM berikut alokasi, implementasi dan manfaat yang dinikmati. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Indikator dalam penelitian ini meliputi pemanfaatan dana retribusi, fasilitas untuk wajib retribusi dan tenaga kebersihan, prosedur pelayanan, kewajaran biaya, dan kenyamanan lingkungan dan kesesuaian dengan peraturan yang berlaku. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa alokasi pemanfaatan dana retribusi yang terkumpul digunakan untuk pemeliharaan kebersihan di sepanjang Jalan Piere Tendean Desa Banjardawa, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Pemeliharan yang dimaksud yaitu berupa fasilitas sarana prasarana seperti tempat sampah kemudian pelayanan kebersihan yaitu petugas penanganan sampah. Kemudian implementasi alokasi pemanfaatan dana retribusi yang terkumpul digunakan untuk penyediaan sarana dan prasaran untuk menunjang keberhasilan pungutan retribusi yang juga berdampak pada layanan pemeliharaan kebersihan yang diberikan oleh pemerintah Desa Banjardawa. Implementasi dari pemeliharaan kebersihan yang dimaksud adalah pelayanan kebersihan seperti pengangkutan sampah yang dilakukan setiap pagi hari oleh petugas penanganan sampah serta penyediaan fasilitas tong sampah serta tempat pembuangan sampah sementara. Juga fasilitas dan pelayanan ini diberikan oleh pemerintah Desa Banjardawa untuk dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat desa atau pun luar desa Banjardawa. PKL dan pemilik ruko sebagai wajib retribusi juga dapat menikmati fasilitas dan pelayanan masyarakat yang diberikan oleh pemerintah desa sebagai wujud pemanfaatan dana retribusi desa yang telah dibayarkan oleh wajib retribusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Retribusi Desa, Pemeliharaan Kebersihan
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JFA Indonesian politics
L Education > LC Special aspects of education > LC5401 Civic Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: JOHAN ADHI PRIYONO
Date Deposited: 11 Apr 2023 06:26
Last Modified: 11 Apr 2023 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/110914

Actions (login required)

View Item View Item