MAULANA, ARIEF (2006) PENGARUH CITRA SUPERMARKET TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA ALFA GUDANG RABAT PABELAN, SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (80kB) |
|
|
PDF (Bab I)
ARIEF_[1].pdf Download (14kB) |
|
PDF (Bab II)
ARIEF_[2].pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab III)
ARIEF_[3].pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
ARIEF_[4].pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab V)
ARIEF_[5].pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
ARIEF_[Dafpus].pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
Abstract
Dampak krisis ekonomi multi dimensi belum usai, bangsa Indonesia telah dibebani lagi dengan kenaikan harga minyak dipenghujung tahun 2005, pemutusan hubungan kerja dengan dalih perampingan dan efisiensi, kemiskinan meningkat drastis, dan daya beli masyarakat menurun. Bagi kalangan pengusaha yang bergerak dibidang retail, menurunnya daya beli masyarakat merupakan ancaman bagi kelangsungan hidup perusahaan. Penurunan daya beli masyarakat terhadap barang atau jasa akan berpengaruh pada penjualan dan laba perusahaan. Oleh karena itu bagi perusahaan yang bergerak pada bidang retail, diperlukan strategi agar dapat mempertahankan dan menarik konsumen. Salah satu strategi agar suatu organisasi mampu bersaing adalah dengan membangun citra yang baik di mata konsumen maupun publik, karena citra dapat mempengaruhi proses pembelian suatu produk atau jasa. Oleh karena itu, citra menjadi faktor penting bagi keberhasilan pemasaran suatu organisasi. Terciptanya citra yang baik bagi suatu organisasi diharapkan dapat mempengaruhi perilaku konsumen khususnya loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel Citra Supermarket yang terdiri atas variabel harga, pelayanan, kualitas dan lingkungan fisik dalam mempengaruhi Loyalitas Konsumen. Untuk menguji penelitian ini peneliti mengambil 100 sampel dengan teknik convenience sampling yang mewakili populasi konsumen di Perusahaan Retail Alfa gudang rabat pabelan, kartosuro,Sukoharjo. Untuk mengumpulkan data dari konsumen dan menilai persepsi dan perilaku mereka atas strategi yang diterapkan oleh Alfa Gudang Rabat, peneliti mendapatkan data tersebut dengan menyebar kuesioner. Kemudian data diperoleh dan dilakukan uji instrumen data (uji validitas dan reliabilitas) terhadap data yang diperoleh. Setelah data yang mewakili variabel penelitian valid dan reliabel kemudian untuk memperoleh nilai yang mendukung tujuan penelitian ini dilakukan Analisis Regresi Berganda dan dilakukan uji goodness of fit test. Dari analisis yang dilakukan yang meliputi analisis deskriptif dan analisis data diperoleh deskripsi data mengenai responden. Diperoleh juga hasil regresi berganda, yaitu: Y = -0,142 + 0,135 X1 + 0,229 X2 + 0,297 X3 + 0,462 X4 dari analisis penelitian ini diketahui bahwa variabel independen dalam penelitian ini mempengaruhi secara positif terhadap variabel dependen. Hasil uji goodness of fit test menunjukkan bahwa model penelitian ini mampu memprediksi variabel dependen (uji F), karena nilai Fhitung > nilai Ftabel (41,239 > 2,68) dan koefisien regresi variabel independen juga signifikan mempengaruhi variabel dependen (uji t), karena semua nilai thitung > nilai ttabel (2.049 > 1,985; 2.346 > 1,985; 4.034 > 1,985; 6.158 > 1,985) dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 63,5% menunjukkan variabel independen (Harga, Pelayanan, Kualitas dan Lingkungan Fisik) memberikan pengaruh yang kuat terhadap pembentukan Loyalitas Konsumen.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas konsumen, citra supermarket, harga, pelayanan, kualitas,lingkungan fisik |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 30 Mar 2011 04:02 |
Last Modified: | 30 Mar 2011 04:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11089 |
Actions (login required)
View Item |