FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENDENGAR DALAM MEMILIH RADIO PTPN RASITANIA FM SOLO (Kasus: Penduduk Di Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Kotamadya Surakarta)

Kusumawati, Anindita Fajar Hening (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENDENGAR DALAM MEMILIH RADIO PTPN RASITANIA FM SOLO (Kasus: Penduduk Di Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Kotamadya Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan + Bab 1)
depan_+_Bab1.pdf

Download (261kB)
[img] PDF
bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)

Abstract

Pertambahan penduduk disertai dengan perkembangan jaman yang semakin kompleks, menimbulkan kejenuhan dan tekanan hidup yang harus diimbangi dengan halhal yang lebih ringan seperti hiburan, dimana hiburan tersebut bisa dilakukan individu atau kelompok dengan tidak meninggalkan aktivitas-aktivitas utamanya. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis dapat merumuskan permasalahan yang akan diteliti sebagai berikut: Apakah ada pengaruh yang signifikan diantara faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pendengar, yaitu: keramahan penyiar, kejernihan gelombang, jangkauan siaran, siaran informasi, dan siaran hiburan bagi pendengar dalam memilih radio PTPN RASITANIA FM, diantara faktor keramahan penyiar, kejernihan gelombang, jangkauan siaran, siaran informasi, dan siaran hiburan, manakah yang mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pendengar dalam memilih radio PTPN RASITANIA FM. Sampel yang dipakai 100 responden dan metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil regresi diperoleh rumus persamaan Y= -0,330 + 0,281 X1 + 0,147 X2 + 0,188 X3 + 0,237 X4 + 0,161 X5 dan berdasarkan hasil uji t variabel Keramahan Penyiar nilai t hitung 5,565, Kejernihan Gelombang nilai t hitung 2,854, Jangkauan Siaran nilai t hitung 2,372, Siaran Informasi diperoleh nilai t hitung 3,317, Siaran Hiburan nilai thitung 3,589, maka berdasarkan perhitungan diatas seluruh variabel Independen berpengaruh secara individu terhadap Keputusan Pendengar dengan nilai thitung > t tabel serta probabilitas < 0,05. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 176,106 > Ftabel sehingga secara bersama-sama variabel Keramahan Penyiar, Kejernihan Gelombang, Jangkauan Siaran, Siaran Informasi, dan Siaran Hiburan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pendengar Radio PTPN RASITANIA FM. Koefisien determinasi (R²) diperoleh nilai sebesar 0,904, ini menunjukkan bahwa variabel Keramahan Penyiar, Kejernihan Gelombang, Jangkauan Siaran, Siaran Informasi, dan Siaran Hiburan mempunyai kontribusi pengaruh terhadap variabel Keputusan Pendengar sebesar 90,4%. Sedangkan sisanya sebesar 9,6% mendapat kontribusi dari variabel lain yang tidak terdapat di dalam model atau tidak penulis teliti, dengan demikian penggunaan variabel independen pada penelitian ini sudah cukup tepat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keramahan Penyiar, Kejernihan Gelombang, Jangkauan Siaran, Siaran Informasi, Siaran Hiburan, dan Keputusan Pendengar.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 29 Mar 2011 09:55
Last Modified: 29 Mar 2011 09:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11078

Actions (login required)

View Item View Item