Lestari, Puput Tti and , Dr. Eko Supriyanto S.H., M.H. (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bangun Ruang Untuk Siswa SD Negeri Genengsari 2 Kemusu Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (792kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (596kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (129kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (300kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pengenalan bangun ruang untuk siswa SD Negeri Genengsari 2 Kemusu dengan berbasis pada android menggunakan aplikasi construct2 pada pelajaran matematika, serta menguji keefektifan dan kelayakan dari media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu 2 orang ahli media, 1 orang ahli materi, guru mata pelajaran dan siswa kelas V di SD Negeri Genengsari 2 Kemusu yang terdiri dari 64 siswa yang di bagi ke dalam 2 kelas uji coba yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket uji validasi, angket SUS (System Usability Scale), soal latihan pre test dan post test digunakan untuk menguji keefektifan dari media pembelajaran pengenalan bangun ruang dengan melihat perbandingan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimaen. Uji kelayakan dilakukan dengan menggunakan angket System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimaen antara menggunakan media dan tidak menggunakan media pembelajaran pengenalan bangun ruang dengan selisih rata rata nilai sebanyak 10.29 poin sehingga media pembelajaran ini efektif untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pengujian kelayakan dengan angket System Usability Scale (SUS) yang akan di isi oleh siswa. Berdasarkan hasil perhitungan angket didapatkan hasil rata-rata skor SUS yaitu 75,00 yang termasuk dalam kategori “Dapat Diterima” dengan skala kelas “C” dan peringkat “Baik”. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan rujukan bagi peneliti lain terkait penggunaan media pembelajaran pengenalan bangun ruang untuk kelas V di dalam pembelajaran karena memiliki dampak positif untuk proses belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, bangun ruang, contruct2 |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5601 Informatics Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | PUPUT TRI LESTARI |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 04:24 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 04:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/110715 |
Actions (login required)
View Item |