Ramadhan, Dafa Rizki Purna and , Husni Thamrin, S.T., M.T., Ph.D. (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Bunyi Dan Indra Pendengaran Menggunakan Model Auditory, Intellectualy, Repetition Berbasis Gamifikasi Unity2d Di SD/MI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi-66.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman depan.pdf Download (499kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan sebuah media pembelajaran Bunyi dan Indera Pendengaran berbasis game edukasi unity 2D. Manfaat dari penelitian ini adalah menjadi solusi dalam mencari langkah pembelajaran alternatif dengan bentuk pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta memudahkan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dissiminate). Hasil dari penelitian, diantaranya: 1) Berdasarkan hasil uji media dan uji materi menggunakan skala linkert diperoleh penilaian persentase sebesar 91% dan 93% dan dikategorikan sebagai sangat layak. 2) Hasil penilaian angket yang diisi oleh siswa MIM Bolon dengan perhitungan SUS memperoleh nilai sebesar 86,75 masuk kedalam kategori acceptable. 3) Berdasarkan uji siswa melalui uji kelompok dan treatment didapati hasil akhir dengan nilai t tabel sebesar 2,776 dan t hitung 3,198 dimana nilai t hitung lebih besar dibandingkan denan nilai t tabel sehingga didapati pernyataan H0 ditolak dan H1 dapat diterima. Simpulan dalam penelitian ini adalah permainan edukasi Bunyi dan Indera Pendengaran layak digunakan sebagai bentuk pendekatan pembelajaran alternatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Unity 2D, Gamifikasi, Pembelajaran AIR |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5601 Informatics Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | DAFA RIZKI PURNA RAMADHAN |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 03:43 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 03:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/110642 |
Actions (login required)
View Item |