Pengembangan Media Pembelajaran Bunyi Dan Indra Pendengaran Menggunakan Model Auditory, Intellectualy, Repetition Berbasis Gamifikasi Unity2d Di SD/MI

Ramadhan, Dafa Rizki Purna and , Husni Thamrin, S.T., M.T., Ph.D. (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Bunyi Dan Indra Pendengaran Menggunakan Model Auditory, Intellectualy, Repetition Berbasis Gamifikasi Unity2d Di SD/MI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi-66.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman depan.pdf

Download (499kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan sebuah media pembelajaran Bunyi dan Indera Pendengaran berbasis game edukasi unity 2D. Manfaat dari penelitian ini adalah menjadi solusi dalam mencari langkah pembelajaran alternatif dengan bentuk pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta memudahkan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dissiminate). Hasil dari penelitian, diantaranya: 1) Berdasarkan hasil uji media dan uji materi menggunakan skala linkert diperoleh penilaian persentase sebesar 91% dan 93% dan dikategorikan sebagai sangat layak. 2) Hasil penilaian angket yang diisi oleh siswa MIM Bolon dengan perhitungan SUS memperoleh nilai sebesar 86,75 masuk kedalam kategori acceptable. 3) Berdasarkan uji siswa melalui uji kelompok dan treatment didapati hasil akhir dengan nilai t tabel sebesar 2,776 dan t hitung 3,198 dimana nilai t hitung lebih besar dibandingkan denan nilai t tabel sehingga didapati pernyataan H0 ditolak dan H1 dapat diterima. Simpulan dalam penelitian ini adalah permainan edukasi Bunyi dan Indera Pendengaran layak digunakan sebagai bentuk pendekatan pembelajaran alternatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Unity 2D, Gamifikasi, Pembelajaran AIR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5601 Informatics Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: DAFA RIZKI PURNA RAMADHAN
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:43
Last Modified: 01 Mar 2023 03:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/110642

Actions (login required)

View Item View Item