ANURAGA, HAFID (2005) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MERK SHAMPO (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf Download (38kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
Abstract
Shampo bagi sebagian orang dianggap merupakan produk yang sangat penting, bukan hanya sebagai barang pelengkap untuk mandi, tetapi lebih kepada produk perawat kesehatan untuk rambut. Ketika konsumen dihadapkan kepada banyaknya pilihan produk shampo yang menawarkan berbagai manfaat ataupun janji -janji, konsumen tentu telah belajar banyak dari shampo yang sebelumnya mereka konsumsi. Untuk itu dalam penulisan ini akan disampaikan sejauh mana faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk berpindah merk. Penulisan skripsi dengan judul “Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan perpindahan merk shampo (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan antara (tingkat keterlibatan pembelian, kebutuhan mencari variasi, ketidakpuasan konsumen, dan iklan) terhadap perpindahan merk. Dalam penelitian ini penulis mengambil hipotesis, yaitu ada pengaruh yang signifikan antara (tingkat keterlibatan pembelian, kebutuhan mencari variasi, ketidakpuasan konsumen, dan iklan) terhadap keputusan perpindahan merk. Dengan menggunakan teknik convenien sampling, diambil 100 orang responden mahasiswa Unive rsitas muhammadiyah Surakarta yang pernah melakukan perpindahan merk shampo, instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket menggunakan skala likert, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa kuesioner. Penelitian ini menggunakan regresi linear logistik untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. 1. Dari analisa data diperoleh suatu informasi sebagai berikut, dari analisis regresi logistik diperoleh persamaan sebagai berikut U = - 44,152 + 0,678 + 0.827 + 0,590 + 0,453 Dengan memperhatikan koefisien regresi X1, X2, X3, dan X4. Semuanya mempunyai nilai positif yang artinya bahwa keempat variabel (tingkat keterlibatan pembelian, kebutuhan mencari variasi, ketidakpuasan konsumen, dan iklan) tersebut masing-masing mempunyai pengaruh yang searah dengan variabel dependen (keputusan perpindahan). 2. Dari perhitungan nilai Wald diketahui bahwa X1=4,188 X2=16,028 X3=8,198 X4=4,110 Dari persamaan diatas variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen, karena hasil dari koefisien setiap variabel lebih besar dari pada 2 (quitelock). Tabel klasifikasi 2x2 menghitung nilai estimasi, pada kolom merupakan dua nilai prediksi dari variabel dependen dalam h al ini berpindah merk (1) dan tidak berpindah merk (0). Dan pada baris menunjukkan nilai observasi yang sesungguhnya dari variabel dependen berpindah (1) dan tidak berpindah (0). Hasil output SPSS menunjukkan bahwa pada kolom prediksi perpindahan adalah 53 dan hasil observasi sesungguhnya perpindahan adalah 59, jadi ketepatan model ini adalah 88.00 %
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 29 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 29 Mar 2011 04:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11063 |
Actions (login required)
View Item |