PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH SAKIT UMUM ISLAM KUSTATI SURAKARTA

ZAKIAR, ANTONA (2007) PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH SAKIT UMUM ISLAM KUSTATI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor tarip, fasilitas dan pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen Rumah Sakit Umum Islam Kustati Surakarta, 2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan konsumen Rumah Sakit Umum Islam Kustati Surakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : 1) Diduga ada pengaruh faktor tarip, fasilitas dan pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen Rumah Sakit Umum Islam Kustati Surakarta, 2) Diduga faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan konsumen Rumah Sakit Umum Islam Kustati Surakarta adalah variabel pelayanan. Populasi penelitian ini adalah pasien atau keluarganya yang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Islam Kustati Surakarta. Penelitian ini mengambil sampel 54 responden para pasien atau yang menunggu yang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Islam Kustati Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel secara proporsional random sampling yaitu dengan membagi-bagi populasi dalam beberapa bagian yang sama dan dari setiap bagian dapat diambil sampel dan secara acak di setiap bagian wilayah. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi, uji t, uji F, dan Koefisien Determinasi (R2 ). Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan : 1) Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 53,845 + 0,239X1 + 0,232X2 + 0,232X3. Artinya bahwa variabel tarif, fasilitas, dan pelayanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen di RSU Islam Kustati Surakarta, 2) Berdasarkan hasil analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk tarif sebesar 3,313 > ttabel (2,009), variabel pelayanan didapatkan thitung (2,614) > ttabel (2,009), dan variabel fasilitas didapatkan thitung (2,614) > ttabel (2,009), artinya semakin baik penetapan tarif, fasilitas, dan pelayanan yang diberikan maka semakin baik dan naik pula kepuasan konsumen tersebut, dan variabel fasilitas merupakan faktor yang dominan pengaruhnya. Hasil uji t tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (Ha2) terbukti kebenarannya, 3) Hasil uji F diperoleh F hitung > F tabel ; 35,431 > 2,800 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel tarif, fasilitas, dan pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen secara simultan. Berarti hipotesis pertama (Ha1) terbukti kebenarannya, 4) Analisis koefisien determinasi diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,514, artinya bahwa 51,40% variasi variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel tarif, fasilitas, dan pelayanan, sedangkan sisanya yaitu 48,60% tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tarip, Fasilitas dan Pelayanan, Kepuasan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2011 04:01
Last Modified: 29 Mar 2011 04:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11061

Actions (login required)

View Item View Item