PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN HEURISTIK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII B SMP Islam Al Hadi )

PRAMESTI , DIAN (2007) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN HEURISTIK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII B SMP Islam Al Hadi ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cvr.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
cvrrr.pdf

Download (14kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan heuristik sampai 75%, meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan heuristik sampai 75% dan meningkatkan daya serap kelas VII B SMP Islam Al Hadi sampai 75%. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subyek yang menerima tindakan siswa kelas VII B semester gasal tahun 2006/2007 SMP Islam Al Hadi yang berjumlah 41 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan review. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi penyelidik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, adalah 1) aktivitas bertanya meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian 29,27%, pada putaran I 43,90%, putaran II 58,54%, putaran III 68,29%, putaran IV 80,48%. Aktivitas menjawab pertanyaan guru meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian 24,39%, pada putaran I 41,46%, putaran II 56,10%, putaran III 65,85%, putaran IV 78,05%. Aktivitas mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian 29,27%, pada putaran I 46,34%, putaran II 60,98%, putaran III 70,73%, putaran IV 82,93%, 2) kreativitas siswa dalam mengeluarkan ide/pendapat/gagasan meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian 24,39%, pada putaran I 39,02%, putaran II 53,66%, putaran III 63,41%, putaran IV 75,61%, 3) daya serap kelas VII B meningkat, yaitu sebelum adanya tindakan, siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebesar 21,95%, pada putaran I 36,58%, putaran II 46,34%, putaran III 60,97%, putaran IV 80,48%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Kreativitas, Heuristik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 06:12
Last Modified: 28 Mar 2011 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11044

Actions (login required)

View Item View Item