Analisis Pemanfaatan Instagram @explore_wonogiri Dalam Promosi Pariwisata Di Kabupaten Wonogiri

Saputro, Satria Doni and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si (2023) Analisis Pemanfaatan Instagram @explore_wonogiri Dalam Promosi Pariwisata Di Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
WhatsApp Image 2023-02-18 at 14.05.09 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi-10_L100180160.pdf

Download (1MB)

Abstract

Industri Pariwisata di Indonesia sangat berpotensi mengundang banyak wisatawan lokal maupun internasional, penggunaan media sosial Instagram banyak digandrungi para pengguna Internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat akun @explore_wonogiri dalam mempromosikan pariwisata Kabupaten Wonogiri. Teori Komunikasi Persuasif digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui cara pengelola akun mempengaruhi khalayak dengan pesan yang disampaikan melalui bujukan atau ajakan, unuk promosi pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil beberapa kriteria sampel penelitian yang ditentukan dengan Teknik Purposive Sampling. Hasil dari penelitian ini diketahui dengan menggunakan teknik pengambilan data berupa wawancara. Hasil dari wawancara dianalisis dengan metode analisis model peluru yakni metode analisis teks yang berasumsi bahwa media sosial mempunyai pengaruh mengubah sikap khalayak sehingga peneliti berasumsi bahwa akun Instagram @explore_wonogiri dapat mempengaruhi khalayak untuk menaikan potensi pariwisata di Kabupaten Wonogiri. Melalui Analisis Model Peluru, peneliti menarik dua hasil penelitian, pertama akun @explore_wonogiri bisa sebagai media promosi pariwisata, dengan dukungan followers ribuan dan jangkauan Instagram yang luas @explore_wonogiri bisa diandalkan dalam promosi pariwisata di Kabupaten Wonogiri lalu yang kedua pariwisata Kabupaten Wonogiri menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas, dengan cara admin membuat konten-kontennya dibuat sebagus mungkin dengan ditambah backsound, menarik ataupun angel yang bagus selain itu juga dibantu dengan jangkauan instagram yang luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Pariwisata, Wonogiri, Teori komunikasi persuasif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: SATRIA DONI SAPUTRO
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:52
Last Modified: 20 Feb 2023 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/110309

Actions (login required)

View Item View Item