PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP N I SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2006/2007

PUTU , DENOK WAHYU (2007) PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP N I SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAK1.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2006/2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik proportional random sampling. Populasi dalam penelitian ni sebanyak 240 siswa yang terdiri atas kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, dan VIII F dengan kelas VIII B sebagai sampel try out dan kelas VIII D sebagai sampel penelitian dengan masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kelengkapan fasilitas belajar, sedangkan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar biologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan regresi inear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang kuat atau penting kelengkapan fasilitas belajar motivasi belajar biologi yang ditunjukkan oleh harga Fhitung > Ftabel pada taraf signifikan 5% atau 12,439 > 4,10. Sedangkan untuk sumbangan efektif variabel kelengkapan fasilitas belajar sebesar 45, 01%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2011 09:14
Last Modified: 25 Mar 2011 09:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item View Item