EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007

SETYONINGSIH , DWI RAHAYU (2007) EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cvr.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapusssssssss.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri I Tulung Klaten tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri atas 6 kelas yaitu kelas VIII A sampai kelas VIII F. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5.34 dan rata–rata siklus I meningkat menjadi 6.05, rata siklus II meningkat menjadi 7.27 dan siklus III meningkat menjadi 8.15. Berdasarkan perhitungan regresi linear menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan tutor sebaya meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A SMP Negeri I Tulung Klaten tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0.32 point atau 32%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode tutor sebaya, hasil belajar biologi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2011 04:55
Last Modified: 25 Mar 2011 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11011

Actions (login required)

View Item View Item