PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN LEARNING START WITH QUESTIONS PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Winarni, Winarni (2008) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DAN LEARNING START WITH QUESTIONS PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran dengan strategi Questions Students Have dan strategi Learning Start with Questions pada merupakan salah satu kriteria yang dapat digunakan untuk mengetahui sejauhmana materi pelajaran yang telah disampaikan guru dapat diserap oleh siswa siswa kelas VII Semester I SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008. Berbagai strategi pembelajaran banyak diaplikasikan dalam dunia pendidikan diantaranya adalah strategi Questions Students Have dan strategi Learning Start with Questions, yang keduanya bertujuan untuk menjadikan siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga diperoleh hasil belajar yang lebih baik. Indikator keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat meleui sejauh mana materi pelajaran yang disampaikan guru dapat diserap oleh siswa, dalam hal ini berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VII A sampai Kelas VII F, dengan jumlah siswa 233 orang. Sedangkan sampel terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan metode purposive random sampling, dimana satu kelas menggunakan strategi Questions Students Have dan satu kelas dengan strategi Learning Start with Questions. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa melalui metode Questions Students Have lebih besar dari nilai rata-rata hasil belajar siswa melalui metode Learning Start with Questions yaitu 19,342 > 18,026. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Questions Students Have dengan metode Learning Start with Questions

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Strategi Questions Students Have, Strategi Learning Start with Questions, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jul 2008 03:36
Last Modified: 31 Jan 2011 03:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item