PENGARUH LIMBAH BIOGAS TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN GELOMBANG CINTA (Anthurium wave of love) PADA CAMPURAN MEDIA PASIR DAN ARANG SEKAM

PUJIASIH , VISKA REAMURTI (2007) PENGARUH LIMBAH BIOGAS TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN GELOMBANG CINTA (Anthurium wave of love) PADA CAMPURAN MEDIA PASIR DAN ARANG SEKAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (483kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_HASIL_PENGAMATAN_DAN_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)

Abstract

Limbah biogas tahu dapat dimanfaatkan sebagai pupuk yang dimungkinkan dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman gelombang cinta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh limbah biogas tahu sebagai pupuk terhadap pertumbuhan tinggi dan jumlah daun baru tanaman gelombang cinta dan untuk mengetahui pemberian konsentrasi limbah biogas tahu yang paling efektif untuk pertumbuhan tanaman gelombang cinta pada campuran media pasir dan arang sekam. Penelitian ini dilakukan di Green House FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Bahan yang digunakan adalah limbah biogas tahu dengan konsentrasi 0%, 10%, 20%, 30%, 40%. Parameter yang diukur adalah tinggi tanaman dan jumlah daun baru tiap 2 minggu selama dua bulan pengamatan. Data analisis ini dengan anova satu jalur dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Berdasarkan analisis anova satu jalur diperoleh bahwa F hitung (6,5) > F tabel (3,48) untuk tinggi tanaman baru, sedangkan F hitung (3,98) > F tabel (3,48) untuk jumlah daun baru, yang berarti bahwa ada pengaruh pemberian limbah biogas tahu. Sebagai kelanjutannya menggunakan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) yang digunakan untuk mengetahui beda nyata masing-masing perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pemberian limbah biogas tahu berpengaruh positif terhadap pertumbuhan tinggi dan jumlah daun baru tanaman gelombang cinta, (2) Limbah biogas tahu yang memiliki pertumbuhan paling optimal adalah konsentrasi 30% (P3) dengan pertambahan tinggi 7,40 cm setelah 2 bulan penelitian, sedangkan pada parameter jumlah daun pengaruhnya mulai terlihat pada minggu ke-5 yaitu mencapai 3 helai daun setelah 2 bulan penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anthurium wave of love, Limbah biogas tahu, Pertumbuhan tanaman, Media tanam Pasir dan Arang sekam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 05:11
Last Modified: 24 Mar 2011 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10972

Actions (login required)

View Item View Item