PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA KLINIK PERAWATAN WAJAH RETNO’S BEAUTY CENTRE SURAKARTA

Rinekso, Kurniawan (2007) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA KLINIK PERAWATAN WAJAH RETNO’S BEAUTY CENTRE SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul)
Halaman_Depan.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF
bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)

Abstract

Pendidikan dapat meningkatkan keahlian, pengetahuan, wawasan, dan perubahan sikap seseorang, maka seorang karyawan yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi tentu memiliki skill yang lebih tinggi. Dukungan pengalaman kerja yang tinggi akan semakin meningkatkan ketrampilan karyawan sehingga proses kerja kemungkinan menjadi lebih singkat dan berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pengaruh pendidikan dan pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja. (2) Di antara pendidikan dan pengalaman kerja variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap produktivitas tenaga kerja. Penelitian dilaksanakan di Retno’s Beuaty Center Surakarta, sebuah pusat pemeliharaan kecantikan yang memiliki cabang di Klaten. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi adalah seluruh karyawan di Retno’s Beuaty Center yang terdiri dari 55 orang karyawan. Sampel penelitian adalah 35 orang karyawan yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pendidikan dan pengalaman kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan pada Retno’s Beuaty Center Surakarta. Hasil uji F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (18,314 > 3,33) diterima pada taraf signifikansi 5%. (2) Variabel pengalaman kerja berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja karyawan dan hipotesis kedua diterima. Hasil uji t memperoleh nilai thitng untuk pengalaman kerja (4,033) lebih besar daripada thitung untuk variabel tingkat pendidikan (3,201). Hal ini membuktikan bahwa pengalaman kerja berpengaruh dominan terhadap produktivitas kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, pengalaman kerja, produktivitas kerja Surakarta, 2005
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 23 Mar 2011 09:05
Last Modified: 23 Mar 2011 09:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10955

Actions (login required)

View Item View Item