Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD Muhammadiyah 3 Denpasar

Damayanti, Nia Annisa and , Dedi Gunawan, S.T., M.Sc, Ph.D (2023) Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD Muhammadiyah 3 Denpasar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

SD Muhammadiyah 3 Denpasar merupakan salah satu sekolah swasta jenjang dasar di Kota Denpasar. Penerimaan peserta didik baru (PPDB) merupakan program tiap tahun yang diadakan pihak sekolah untuk memperoleh perserta didik baru sesuai dengan kriteria. Sistem PPDB yang dimiliki SD Muhammadiyah 3 Denpasar masih manual yang membuat pihak sekolah dan calon peserta didik mengalami banyak kesulitan. Seperti panitia sekolah yang perlu lebih teliti sewaktu input data agar tidak terjadi kesalahan. Sedangkan, calon peserta didik memerlukan lebih banyak waktu luang untuk mencari informasi tentang pendaftaran langsung di sekolah. Sebagai bentuk pembaruan berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan sebuah penelitian agar bisa membangun sistem informasi PPDB berbasis website pada SD Muhammadiyah 3 Denpasar. Ditambahkan algoritma bucket sort untuk membantu panitia membagi sebaran siswa berdasarkan nomor pendaftaran. Perancangan sistem menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, MySQL sebagai database dan framework CodeIgniter4 sebagai penunjang. Sistem informasi PPDB dapat mengatasi permasalahan dan mampu memenuhi kebutuhan pada penggunaannya. Berdasarkan pengujian blackbox menunjukkan bahwa sistem bisa berjalan dengan sesuai, sedangkan pengujian system usability scale (SUS) menghasilkan skor 80,67 pada level good.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PHP, PPDB, Sekolah
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: NIA ANNISA DAMAYANTI
Date Deposited: 17 Feb 2023 01:24
Last Modified: 17 Feb 2023 01:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/109511

Actions (login required)

View Item View Item