PENGARUH LIMBAH PADAT (SLUDGE) PABRIK KERTAS TERHADAP PERTUMBUHAN Anthurium hookeri PADA CAMPURAN MEDIA TANAH DAN PAKIS

NORMAYANTI, LILA (2007) PENGARUH LIMBAH PADAT (SLUDGE) PABRIK KERTAS TERHADAP PERTUMBUHAN Anthurium hookeri PADA CAMPURAN MEDIA TANAH DAN PAKIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Limbah pabrik kertas khususnya limbah padat (sludge) yang mengandung kalium, magnesium, besi, dan sulfide pada dasarnya dapat digunakan sebagai bahan pupuk organik yang cukup baik. Volume yang dihasilkan juga cukup besar dan kontinyu sehingga cukup layak untuk dikelola sebagai bahan pupuk organik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan limbah padat (sludge) pabrik kertas sebagai pupuk organik pada campuran media tanah dan pakis terhadap pertumbuhan tanaman Anthurium hookeri. Penelitian ini dilakukan di Green House Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor perlakuan yaitu penambahan limbah padat (sludge) dengan 4 taraf perlakuan, masing-masing 3 ulangan. Taraf perlakuannya adalah LO pertumbuhan Anthurium hookeri tanpa penambahan limbah padat (sludge) sebagai kontrol, L1 pertumbuhan Anthurium hookeri dengan penambahan limbah padat (sludge) 10%, L2 pertumbuhan Anthurium hookeri dengan penambahan limbah padat (sludge) 20%, L3 pertumbuhan Anthurium hookeri dengan penambahan limbah padat (sludge) 30%. Data dianalisis secara kuantitatif yaitu analisis varian (Anava) satu jalur dilanjutkan dengan uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa limbah padat (sludge) pabrik kertas dapat mempercepat pertumbuhan tanaman Anthurium hookeri. Perlakuan yang memberikan pengaruh yang paling optimal adalah pada L3 (penambahan sludge 30%). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa limbah padat (sludge) pabrik kertas sebagai pupuk organik pada campuran media tanah dan pakis berpengaruh positif terhadap pertumbuhan tinggi tanaman dan jumlah daun tanaman Anthurium hookeri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Limbah padat (sludge) pabrik kertas, Campuran media tanah dan pakis, Pertumbuhan Anthurium hookeri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2011 05:55
Last Modified: 23 Mar 2011 05:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10950

Actions (login required)

View Item View Item