PENGARUH KONSENTRASI RAGI DAN LAMA FERMENTASI KULIT PISANG RAJA (Musa paradisiaca L. var. sapientum o.ktze) TERHADAP KADAR ALKOHOL

HIKMAH, UTAMI (2007) PENGARUH KONSENTRASI RAGI DAN LAMA FERMENTASI KULIT PISANG RAJA (Musa paradisiaca L. var. sapientum o.ktze) TERHADAP KADAR ALKOHOL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)

Abstract

Tanaman pisang tersebar luas hampir diseluruh wilayah Indonesia. Kulit pisang sendiri hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pupuk kompos, padahal kulit pisang masih mempunyai kandungan karbohidrat sebesar 18,90%. Dengan fermentasi alkohol, diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi kulit pisang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ragi dan lama fermentasi serta mengetahui perlakuan yang optimal untuk mendapatkan kadar alkohol dari kulit pisang raja. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap pola faktorial, 2 faktor perlakuan yaitu konsentrasi ragi (R), sebanyak 3g dan 4g serta lama fermentasi (F), yaitu. selama 6 hari dan 9 hari. Masing-masing perlakuan 3 kali ulangan. Dari hasil penelitian diperoleh data, yaitu kadar alkohol untuk perlakuan F1R1 sebesar 1,60%, F1R2 sebesar 2,10%, F2R1 sebesar 2,55%, dan F2R2 sebesar 3,00% kadar alkohol. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa konsentrasi ragi dan lama fermentasi berpengaruh signifikan terhadap hasil kadar alkohol kulit pisang raja dan kadar alkohol optimal diperoleh pada perlakuan F2R2 dengan rata-rata kadar alkohol mencapai 3,00%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fermentasi, Kulit pisang raja, Kadar alkohol
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2011 05:12
Last Modified: 23 Mar 2011 05:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10944

Actions (login required)

View Item View Item