PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh )

ROCHAYATI, ROCHAYATI (2007) PENGARUH METODE QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA ( Pada Siswa Kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (full texs)
A410020029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (hal.depan)
A._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
B._BAB_I.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (daft.pustaka)
G._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
H._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan penggunaan metode pembelajaran, (2) Pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari perbedaan aktivitas belajar siswa, (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh Semester I tahun 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 20 Kota Madya Banda Aceh sebanyak 63 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sebagai sampel diambil 45 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, metode angket, metode dokumentasi, dan metode observasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode Quantum Teaching dan Quantum Learning terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 20,65, (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 8,34, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran yang berbeda dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 2,27. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode Quantum Teaching dan Quantum Learning dan Aktivitas belajar siswa yang tinggi memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Quantum Learning, Aktivitas belajar, Prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2011 10:11
Last Modified: 22 Mar 2011 10:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10934

Actions (login required)

View Item View Item