Directive Speech Actions on Campus Teaching Program Debriefing Videos by the Ministry of Education and Culture on Youtube Social Media

Sayoga, Nindya Parameswara and , Prof. Dr. Drs. Harun Joko Prayitno., S.E., M.Hum. (2023) Directive Speech Actions on Campus Teaching Program Debriefing Videos by the Ministry of Education and Culture on Youtube Social Media. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (520kB)
[img] PDF (Lampiran)
LoA ProfunEdu - Nindya Parameswara Sayoga, Harun Joko Prayitno (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menunjukkan bentuk tindak tutur direktif pada video pembekalan program Kampus Mengajar oleh kemendikbud di media sosial youtube; (2) mendesktipsikan maksud dari tindak tutur direktif pada video pembekalan program Kampus Mengajar oleh kemendikbud di media sosial youtube; (3) mendeskripsikan fungsi dan tujuan tindak tutur direktif pada video pembekalan program Kampus Mengajar oleh kemendikbud di media sosial youtube. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis kualitatif. Bentuk penelitian kualitatif ini memaparkan laporan penelitian di mana penulis tidak mempergunakan dengan adannya perhitunga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simak bebas libat cakap kemudian teknik catat dan teknik rekam. Teknik simak libat cakap merupakan teknik yang didalamnya peneliti hanya berperan sebagai pengamat dalam video pembekalan program kampus mengajar bertemakan pendidikan di youtube dan tidak terlibat dalam percakapan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Leech yang berupa (1) pengumpulan data; (2) menyeleksi data; (3) reduksi data; (4)mengklasifikasi; (5) mengidentifikasi; (7) penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan menunjukkan bentuk tindak tutur direktif pada video pembekalan program Kampus Mengajar oleh Kemendikbud di media sosial youtube sebanyak 27 data yang terdiri atas: tuturan perintah sejumlah 19%, permintaan berjumlah 15%, ajakan sejumlah 15%, memohon sebanyak 19%, nasihat sebanyak 12%, menginstruksikan sebanyak 8%, dan menyarankan sebanyak 12%. Dari data yang sudah ditemukan dapat disimpulkan bahwa kebanyakan penutur dalam video pembekalan program Kampus Mengajar suka memerintah, dibuktikan dengan hasil data yang sudah ditemukan bahwa data terbanyak yang ditemukan adalah memerintah. Dalam tindak tutur direktif terdapat sebuah tuturan yang harus dipahami maknanya supaya tidak terjadi kesalahpahaman antara penutur dan mitra tutur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, direktif, kampus mengajar
Subjects: L Education > L Education (General) > LP Philosophy Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: NINDYA PARAMESWARA SAYOGA
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:00
Last Modified: 15 Feb 2023 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/109194

Actions (login required)

View Item View Item