Analisis Determinan Belanja Pemerintah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Provinsi Jawa Tengah Periode 2017-2020

Anjarsari, Lia and , Muhammad Arif, S.E., M.Ec.Dev (2023) Analisis Determinan Belanja Pemerintah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Provinsi Jawa Tengah Periode 2017-2020. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (847kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peran pemerintah daerah dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), serta mengestimasi pengaruh pajak daerah, bantuan sosial, belanja pendidikan, belanja kesehatan, pengeluaran per kapita, dan upah minimum terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Tengah Periode 2017-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terbaik yang terpilih adalah Fixed Effect Model (FEM). Uji validitas pengaruh (uji t) menjelaskan bahwa pajak daerah, belanja pendidikan, pengeluaran per kapita, dan upah minimum berpengaruh positif dan signifikan. Sementara itu, bantuan sosial, dan belanja kesehatan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Tengah periode 2017-2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPM, pajak daerah, bantuan sosial, belanja pendidikan, belanja kesehatan, pengeluara per kapita, upah minimum
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: LIA ANJARSARI
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:07
Last Modified: 17 Feb 2023 03:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/108828

Actions (login required)

View Item View Item