ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOTOR SUZUKI (Studi Kasus Pada Motor SUZUKI Dealer Adi Putra Motor di Sragen)

HANDAYANI, NOFI (2007) ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOTOR SUZUKI (Studi Kasus Pada Motor SUZUKI Dealer Adi Putra Motor di Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daf_Pus.pdf

Download (12kB)
[img] PDF
Bab_K.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh biaya promosi yang terdiri dari periklanan, promosoi penjualan, tenaga penjualan dan publisitas terhadap volume penjualan. 2) Untuk mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh dominan untuk meningkatkan volume penjualan. Penelitian dilakukan pada Dealer Motor Suzuki “Adiputra Motor” di Sragen, khususnya menyangkut masalah biaya promosi (biaya periklanan, biaya promosi penjualan, biaya tenaga penjualan dan biaya publisitas) yang berpengaruh terhadap volume penjualan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan alat analisis dengan regresi linier berganda, korelasi parsial, Uji t, Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) biaya periklanan berpengaruh terhadap volume penjualan. Hal ini didukung dari hasil koefisien regresi sebesar 4,440 dan hasil thitung sebesar 2,982 dengan tingkat signifikan sebesar 0,031, maka hipotesis pertama dapat dibuktikan. 2) biaya promosi penjualan berpengaruh terhadap volume penjualan. Hal ini didukung dari hasil koefisien regresi sebesar 52,859 dan nilai thitung sebesar 5,678 dengan tingkat signifikan sebesar 0,002, maka hipotesis pertama dapat dibuktikan. 3) biaya tenaga penjualan berpengaruh terhadap volume penjualan. Hal ini didukung dari hasil koefisien regresi sebesar 26,558 dan nilai thitung sebesar 2,777 dengan tingkat signifikan sebesar 0,039, maka hipotesis pertama dapat dibuktikan. 4) biaya publisitas berpengaruh terhadap volume penjualan. Hal ini didukung dari hasil koefisien regresi sebesar 12,623 dan nilai thitung sebesar 2,374 dengan tingkat signifikan sebesar 0,064, maka hipotesis pertama dapat dibuktikan. 5) secara bersama-sama, terdapat pengaruh yang signifikan variabel biaya periklanan, biaya promosi penjualan, biaya personal selling dan biaya publisitas berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dapat diketahui dari fhitung > ftabel untuk nilai koefisien korelasi untuk biaya periklanan sebesar 0,857, biaya promosi penjualan sebesar 0,992, biaya personal selling sebesar 0,964 dan biaya publisitas sebesar 0,974. xiv Sedangkan nilai rtabel sebesar 0,632. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan biaya periklanan, biaya promosi penjualan, biaya personal selling, dan biaya publisitas mempunyai hubungan yang kuat dan popsitif dengan volume penjualan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: biaya promosi , volume penjualan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 16 Mar 2011 10:02
Last Modified: 16 Mar 2011 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10869

Actions (login required)

View Item View Item